RS-Angkatan Laut Manokwari Merawat Intensif 5 Pasien Tuberkulosis Diruang Khusus Isolasi

oleh -1343 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Rumah Sakit Angkatan Laut (RS-AL) dr.Azhar Zahir Manokwari, kini telah merawat 5 pasien penderita Tuberkulosis dengan Intensif diruang khusus isolasi yang disiapkan Rumkital, di bawa pengawasan Dokter Spesialis Paru, dr. Agustinus Wirawan Riadi, Sp.P.

Hal ini diungkapkan Karumkital dr.Azhar Zahir Manokwari Mayor Laut (K) Agustinus Purna Siwi Hastanto Sp.B melalui Dokter Spesialis Paru dr.Agustinus Wirawan Riadi, Sp.P, di ruang kerjanya TU RS-AL Manokwari, Rabu (06/09/2023).

Dikatakan Dokter Spesialis Paru-paru ini, pasien yang pasca komplikasi di arahkan ke Puskesmas terdekat dengan kediaman dari pasien tersebut agar lebih dekat dan tidak mengeluarkan biaya yang besar.

“Perlu diketahui, penderita TB yang sudah menjalani pengobatan secara teratur, sudah sangat kecil kemungkinannya untuk menularkan penyakit ini ke orang lain,” paparnya.

Biasanya pasien yang datang ke RS-AL untuk berobat Predileksi TB paling sering adalah paru-paru, di mana pasien TB datang dengan keluhan saluran pernapasan.

“Dikatakan, dalam waktu dekat akan adanya segera digalakkan pencegahan Tuberkulosis (TB) pengobatan YLTB nya dengan pemberian (TPT) Terapi Pencegahan Tuberkulosis, disetiap Puskesmas-Puskesmas yang ada di Papua Barat agar secepatnya digalakkan,” jelasnya.

dr.Agustinus Wirawan Riadi menambahkan, sehingga segera diketahui orang-orang yang kontak langsung dengan para penderita Tuberkulosis sehingga dapat diberikan (TPT) Terapi Pencegahan Tuberkulosis.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *