Satgas TMMD-113 Bekali Siswa-Siswi SD Mamisi Wawasan Kebangsaan

oleh -171 Dilihat

TELUK WONDAMA, PapuaStar.com – Berbagai upaya TNI mewujudkan dan menciptakan, anak bangsa berkualitas dan mencintai tanah air terutama di Papua Barat, melalui kegiatan TMMD Ke – 113. Personel Satgas TMMD Kodim 1801/Manokwari Kopka Aris Tarkus Marani memberikan pelajaran wawasan kebangsaan kepada Siswa-siswi di Sekolah Dasar Mamisi Distrik Nikiwar, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, Senin (30/05/2022).

Kopka Aris Tarkus Marani mengatakan, diberikan pelajaran tersebut dilakukan sebagai suatu bentuk wujud pemberian ilmu yang bermanfaat bagi Anak-anak, dimana pendidikan merupakan hal yang sangat penting.

“Dikatakan Marani kepada anak-anak yang masuk sekolah, cinta kepada negara seperti tempat kita dilahirkan, dibesarkan di kampung Mamisi ini dan kecintaan Tanah Air juga dapat diartikan sebagai cara berpikir, bersikap, berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian lingkungan, sosial, budaya bangsa dan terhadap teman sekeliling di SD Mamisi,” ucap Marani dihadapan anak-anak SD Mamisi, yang disambut dengan tepuk tangan. Senin (30/05/2022).

Lebih lanjut Marani menuturkan, dengan mengembangkan rasa cinta kepada Tanah Air dan bangsa termasuk butir-butir Pancasila pada sila ketiga yaitu : persatuan Indonesia. Sehingga sebagai warga Indonesia harus mengembangkan rasa cinta kepada Tanah Air.

“Kecintaan terhadap Tanah Air, Kata Marani, itu ditunjukkan dalam berbagai cara seperti Ada yang berjuang mengharumkan nama bangsa di tingkat dunia dalam bidang olahraga, seni, dan ilmu pengetahuan. Ada juga yang siap membela negara dengan cara menjadi tentara, Polisi serta ada juga yang berusaha menjadi pribadi manusia yang baik dalam kesehariannya dan berprestasi,” terangnya kepada anak-anak yang begitu antusias mendengarkan penjelasan.

Tak hanya itu saja, akan tetapi harus mengetahui sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan serta menghargai jasa para pahlawan.

“Salah satunya, menghormati upacara bendera sebagai perwujudan rasa cinta Tanah Air dan bangsa Indonesia. Cara menghormati simbol-simbol negara seperti lambang burung garuda, Bendera Merah Putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan lain sebagainya,” bebernya.

Perlu diketahui anak-anak dengan cara menggunakan produk dalam negeri Noken agar pengusaha lokal bisa maju sejajar dengan pengusaha lainnya. Salah satu wujud cinta tanah air adalah beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kemajuan bangsa Indonesia dan tanah Papua. Membantu mewujudkan ketertiban dan ketentraman baik di lingkungan sekitar kita.

Ia menambahkan, kecintaan rakyat terhadap Tanah Air ini dapat menjaga keamanan negara dari berbagai macam gangguan yang datang. Dengan cinta Tanah Air, kita dapat bahu membahu membangun tanah Papua Barat lebih maju dan berkembang. Semua ini bentuk wujud kepedulian TNI agar para generasi muda di kampung Mamisi mempunyai jiwa nasionalisme dan disiplin tinggi,” tandasnya.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *