Siap Laksanakan Operasi Zebra, Kapolres Kaimana : Ciptakan Masyarakat Tertib Berlalulintas

oleh -112 Dilihat

KAIMANA, PapuaStar.com – Kapolres Kaimana, AKBP I Ketut Widiarta, S.I.K., M.H. pimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Mansinam 2021, di lapangan apel Polres Kaimana, Senin (15/11/2021)

Peserta apel yaitu satu pleton pejabat utama polres kaimana, satu regu Subden POM AD Kaimana, satu pleton satuan sabhara polres kaimana, satu regu, Pol Airud polres Kaimana, satu pleton gabungan reserse dan intelkam, satu pleton satuan polisi pamong praja.

Dalam arahnnya Kapolres Kaimana, AKBP I Ketut Widiarta, S.I.K., M.H. mengatakan, bahwa apel gelar pasukan ini merupakan wujud kesiapan polres kaimana dalam menciptakan masyarakat yang tertib patuh hukum dalam berlalulintas serta sebagai sarana untuk berkonsolidasi dan pengecekan personil beserta kelengkapan sarana dan prasarana sebelum melaksanakan tugas dilapangan.

“Sesuai amanat undang undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan, kamseltibcarlantas merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polisi lalulintas sendiri melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar permasalahan dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak,” jelasnya dihadapan seluruh personel gabungan dalam apel tersebut, di halaman Polres Kaimana, Senin (15/11/2021).

Dikatakan, pelaksanaan operasi zebra mansinam 2021 ini berbeda dengan pelaksanaan operasi zebra pada tahun tahun sebelumnya, karena pelaksanaan operasi zebra tahun ini dilaksanakan dalam situasi pandemi covid-19.

“Lebih lanjut mantan Kasubditregident Ditlantas Polda Papua Barat menjelaskan, sesuai dengan rencana garis besar operasi, kegiatan ini dilaksanakan seratus persen berupa giar preemtif dan prefentif dengan mengedepankan kegiatan edukatif edukasi, persuasif, simpatik dan humanis,” ucap Widiarta.

Dengan maksud untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat terhadap tata tertib didalam berlalulintas maupun tumbuhnya disiplin masyarakat dalam merenapkan pola adaptasi kebiasaan baru, guna memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 khususnya di kabupaten kaimana.

“Operasi zebra mansinam 2021 ini akan dilaksanakan selama empat belas hari kedepan yang dimulai dari tanggal 15 november 2021 sampai dengan 28 November 2021 secara serentak diseluruh Indonesia,” papar Kapolres Kaimana.

Ia menambahkan, sasaran prioritas operasi zebra tahun 2021 diwilayah polda papua barat yaitu pengemudi sepeda motor yang tidak menggunakan helem, menerobos trafic light, mengemudikan kendaraan dengan dipengaruhi minuman beralkohol, dan anak dibawah umur yang mengendarai kendaraan.(rls/PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *