TNI-AL Buka Penerimaan 250 Prajurit Khusus OAP di Papua dan Papua Barat

oleh -750 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – TNI – Angkatan Laut, membuka pendaftaran penerimaan Prajurit sebanyak 250 orang khusus OAP di Papua dan Papua Barat.

Danguskamla III, Laksma TNI Singgih Sugiharto menjelaskan, Kasal sudah merencanakan untuk penerimaan Prajurit khusus Orang Asli Papua (OAP) lahir, besar dan sekolah di Papua, bukan yang melakukan pendidikan di luar Papua, sudah jelas tidak diterima.

“Walaupun orang Papua tapi sekolahnya di pulau Jawa, maaf beribu maaf tidak dapat diterima sebagai Prajurit TNI- Angkatan Laut. Pendaftaran telah dibuka sejak 13 Desember 2021 lalu, hingga 12 Januari 2022 mendatang,” jelasnya kepada sejumlah wartawan, di dampingi Kafasharkan TNI-AL Manokwari, Kolonel Laut (T) Rahmadi Subagya, S.E,. M.M, Rabu (5/1/2021)

Jadi ini untuk anak Papua, tentunya mereka sehat jasmani dan rohani serta kecerdasan memenuhi syarat menjadi prajurit.

“Kami tidak bisa menentukan berapa banyak jumlah yang diterima di Papua dan Papua Barat, pada prinsipnya Putra/Putri mana yang terbaik itu yang lolos seleksi dan direkrut hingga pada tahap akhir menjadi prajurit TNI-AL, semoga para pemuda dan pemudi banyak yang menjadi Prajurit TNI-AL,” ungkap Singgih Sugiharto.

Selanjutnya yang lolos mengikuti seleksi mereka akan mengikuti pendidikan di Pangkalan Utama TNI – AL di Papua dan Papua Barat, setelah selesai pastinya akan dikembalikan ke masing-masing daerah untuk mengawal wilayah.

“Saya berharap orang tua masyarakat asli Papua tetap menyekolahkan anak-anaknya hingga pada taraf pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Papua, karena sekarang penerimaan untuk menjadi Prajurit lebih khusus OAP jadi manfaatkan kesempatan yang ada,” ungkapnya.

Singgih Sugiharto mengimbau terutama bagi orang tua yang masih takut anaknya menjadi prajurit TNI, jangan takut karena mereka di didik menjadi prajurit TNI yang tangguh dan mandiri serta handal.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *