TNI-AL Manokwari, Uji Coba Meriam Oto Melara 30 MM Marlin Produksi Italy

oleh -160 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Tiga Kapal Perang Republik Indonesia ( KRI ) Jenis  Patroli cepat  milik Koarmada III TNI-AL yang telah berlabu sekitar 3 bulan guna proses pemasangan Meriam 30 MM di dermaga Fasharkan TNI-AL Manokwari kini telah selesai melakukan pemasangan  meriam 30 MM.

Pemasangan meriam Oto Melara 30 MM Marlin  WD Gun Mount 059  Produksi Italy untuk tiga kapal KRI telah selesai dan dua diantara telah menyelesaikan uji fungsi dilakukan Manokwari.

 

Hal ini dibenarkan Mayor Laut ( P ) Rahadian Nur Bramantio, S.E saat di temui wartawan di Kapal KRI Tatihu 853, Rabu ( 27/04/2022 ).

Menurutnya tadi telah dilakukan uji fungsi dari instalasi meriam Oto Melara 30 MM Marlin WD Gun Mount 059 Produksi Italy  berupa penembakan dengan sasaran udara dan sasaran permukaan.

“Setelah dilakukan uji fungsi dari tim

kelayakan dan tim kemenham di PT Leonardo sebagai perusahaan  produsen meriam Oto Melara 30 MM dinyatakan dapat berfungsi dengan baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rahadian Nur Bramantio menuturkan, setelah pelaksana uji fungsi meriam dinyatakan sudah siap untuk digunakan oleh kemenham dan selanjutnya di serahkan ke TNI AL yang dalam hal ini diserahkan ke KRI Tatihu 853. setelah ini sudah tidak ada proses berikutnya lagi, jadi ini sudah dalam tahap akhir, dan selama ini menginstalasi meriam 30 mm di dermaga Fasharkan Manokwari

Kita dari bulan februari sudah berada di fasharkan Manokwari untuk melakukan rangkaian instalasi setelah ini kami akan kembali ke Sorong untuk menerima tugas lebih lanjut dalam melaksanakan operasi dalam rangka menjaga keamanan perairan khususnya di wilayah perairan Papua.

 

Uji cobanya dilakukan sekitar 30 kilo dari Manokwari dimana kita harus memastikan tidak ada kapal-kapal lain atau nelayan karena Jarak tembak untuk meriam marlin 30 mm  buatan dari itali  dengan jarak tembak efektivitas 2000 meter maksimalnya 6000 meter,” tandasnya.

Rahadian Nur Bramantio menambahkan, KRI ini di awaki 36 orang, dibawa komando koarmada III tapi hombes KRI Tatilu sendiri adalah dijayapura tapi untuk beroperasi  dari koarmada III seluruh perairan Papua, maluku,  Ternate sampai somlaki, dobo, tual dan sekitarnya,” pungkas Komandan KRI Tahitu 853.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *