15 Oktober KPU Manokwari Laksanakan Verifikasi Faktual Parpol

oleh -190 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Tahapan pemilihan umum tahun 2024 kini tengah bergulir. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia sedang melakukan verifikasi perbaikan administrasi terhadap berkas sejumlah partai politik.

Setelah verifikasi administrasi partai politik, dijadwalkan KPU RI akan mengumumkan hasilnya pada tanggal 14 Oktober 2022. Setelah itu dilanjutkan dengan verifikasi faktual partai politik baik terhadap kepengurusan maupun keanggotaannya, yang akan dilaksanakan oleh KPU Kabupaten/Kota.

“Kami KPU Kabupaten/Kota sifatnya hanya membantu. Jadi saat ini sudah berada di tahapan verifikasi administrasi perbaikan. Nanti di tanggal 14 Oktober KPU RI akan mengumumkan partai politik mana saja yang melanjutkan ke tahapan verifikasi faktual. Baik kepengurusan maupun keanggotaan,” beber Ketua KPU Kabupaten Manokwari Applena Rumakeuw, Selasa (11/10/2022).

Applena menambahkan verifikasi faktual partai politik baru akan berlangsung pada tanggal 15 Oktober 2022. Dalam verifikasi faktual nanti KPU Kabupaten Manokwari akan mendatangi kantor sekretariat parpol terkait kepengurusan, kemudian dilanjutkan dengan verifikasi faktual keanggotaan.

Menjelang verifikasi faktual parpol, KPU Manokwari telah melaksanakan rapat koordinasi dengan sejumlah partai politik bahkan Bawaslu, guna memastikan persiapan partai politik saat verifikasi faktual nanti.

“Tahapan yang dekat ini akan dilaksanakan adalah verifikasi faktual meliputi kepengurusan partai politik dan keanggotaan parpol, itu akan berlangsung pada 15 Oktober sampai 4 November. Setelah itu akan masuk ke tahapan rekap dan perbaikan,” sambung Applena.

“Yang kami harapkan adalah karena itu berkaitan dengan kepengurusan maka KPU akan mendatangi kantor partai, setelah itu dilanjutkan dengan verifikasi faktual keanggotaan. Namun kami menunggu hasil data sampling dari KPU RI,” timpal Ketua KPU Manokwari itu.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *