Tingkatkan SDM Unggul di Papua Barat, Rico Sia : Serahkan Bantuan Beasiswa Untuk 91 Mahasiswa

oleh -205 Dilihat

SORONG, PapuaStar.com – Anggota DPR RI, Komisi VII, Dapil Papua Barat, Rico Sia secara simbolis menyerahkan bantuan uang kuliah tingkat akhir dan riset kepada 91 mahasiswa-mahasiswi di Papua Barat penerima Program Riset Talenta Riset Dan Inovasi (BARISTA) tahap 1 dan 2.

Program BARISTA merupakan bantuan kepada mahasiswa aktif tingkat akhir jenjang Diploma 4 dan Sarjana (S1, S2, S3) yang sedang dalam menyelesaikan tugas akhir.

Dalam kegiatan Bimtek Karya Tulis Ilmiah yang digelar BRIN di Hotel Rich Panorama, Kota Sorong, Papua Barat. Senin, 10/10/2022. Bimtek dihadiri, Pj Walikota Sorong, BRIN, para dosen dan perwakilan mahasiswa – mahasiswa dari 12 kampus yang ada di Sorong.

Anggota DPR-RI Komisi VII Rico Sia menyampaikan, program BARISTA ini merupakan kerjasama Komisi VII bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Rico Sia juga berterima kasih dan apresiasi kepada mitra kerja Komisi VII yaitu BRIN atas program Bantuan Riset bagi Talenta Riset dan Inovasi (BARISTA) untuk mahasiswa Papua Barat, karena melalui program ini para mahasiswa sangat terbantu di tengah masa sulit seperti ini.

Terbukti ada banyaknya mahasiswa antusias dari berbagai universitas di Papua Barat mengikuti program BARISTA, sejak dibuka bulan Juli lalu hingga saat ini sudah ada sekitar 200 an mahasiswa yang mengirimkan email, dan yang sudah lolos sebanyak 91 mahasiswa untuk tahap 1 dan 2. Sementara tahap 3 masih berlangsung.

“Banyak antusias mahasiswa yang mengikuti program ini, ada sekitar 200 an mahasiswa yang mengirimkan email kepada kami, namun hanya 91 yang lolos untuk tahap 1 dan 2, sementara tahap 3 masih berlangsung dan ada beberapa yang masih melengkapi berkas. Semoga BRIN dapat memberikan perpanjangan waktu atau keleluasaan waktu untuk mereka yang sedang melengkapi dokumen yang diperlukan,” ujar Rico Sia dihadapan seluruh mahasiswa yang hadir menerima Beasiswa, Senin, (10/10/2022).

Lanjut Legislator dari Fraksi NasDem itu menjelaskan, selain menciptakan SDM unggul, Program BARISTA 2022 juga merupakan yang pertama kali dilaksanakan untuk bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi kegiatan lembaga penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan (litbangjirap) dengan perguruan tinggi di Indonesia.

“Bagi mahasiswa yang tidak lolos berkas tetap berusaha dan jangan menyerah. Kedepan, saya akan mengupayakan, mengusulkan ke BRIN agar jangka waktu program BARISTA ini diperpanjang sehingga adik adik mahasiswa kita bisa melengkapi berkas karena waktunya diperpanjang,” terang legislator dari dapil Papua Barat.

Sementara, Penjabat Walikota Sorong, George Yarangga yang hadir dan membuka kegiatan tersebut juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Anggota Komisi VII, Rico Sia atas terselenggaranya program BARISTA 2022.

Menurut Yarangga, selain mencetak sarjana lulusan terbaik, program ini dapat menciptakan sumber daya berkualitas, handal serta berkemampuan yang mumpuni.

“Kami di Papua Barat sangat beruntung memiliki sosok wakil rakyat seperti Bapak Rico Sia yang mampu bekerja, menyuarakan aspirasi, serta memperhatikan rakyat terutama mahasiswa.

Program ini sangat bermanfaat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan studi tahap akhir. Terima bapak Dewan Rico Sia atas banyaknya program masyarakat yang sudah terealisasi,” ucap Yarangga.

Sementara itu salah satu mahasiswa penerima Program BARISTA 2022, Agustinus Sentebo dari Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong menyampaikan terima kasih kepada Anggota Komisi VII DPR RI, Rico Sia atas terselenggaranya Program BARISTA 2022. Menurut Agustinus, dengan hadirnya program BARISTA 2022 ia sangat terbantu dan bisa menyelesaikan studi akhirnya.

“Terima kasih bapak Rico Sia, dengan program ini saya bisa menyelesaikan studi akhir saya, saya sangat terbantu sekali. Sekali lagi terima kasih, semoga Tuhan Yesus memberkati bapak,” tandanya.

Senada, Yeni Toisuta Mahasiswa S1 Bahasa Inggris dari Universitas Terbuka Kota Sorong juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya program BARISTA 2022 kerjasama bapak Rico Sia bersama BRIN. Disampaikan Yeni, selain meningkatkan SDM, program ini sangat membantu mahasiswa yang terkendala keuangan untuk menyelesaikan studi akhir.

“Bagaimana kita tahu, pasca pandemi Covid semua serba susah apalagi sekarang sedang pemulihan ekonomi. Biaya kuliah mahal, apalagi studi akhir tapi kami tetap mensupport pendidikan di indonesia adanya bantuan pendidikan dari bapak Rico Sia di Komisi VII yang bekerjasama dengan BRIN. terima kasih bapak Rico Sia yang sudah mensupport kami para mahasiswa sehingga kami bisa meraih masa depan yang lebih baik,” tandas Yeni Toisuta.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *