60 Perahu Bernuansa Merah Putih dan Etnik Papua Hiasi Perairan Manokwari

oleh -132 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Semarak HUT Bhayangkara ke 76, Polres Manokwari menggelar sejumlah lomba salah satunya lomba perahu hias, yang dilepas oleh Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom di dermaga Satpolair Polres Manokwari, Selasa (28/6/2022) sekira pukul 09.00 WIT.

Pelepasan peserta lomba perahu hias itu turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Manokwari, Perwakilan Kejaksaan Negeri Manokwari, Perwakilan Kodim 1801 Manokwari serta jajaran pejabat utama dilingkungan Polres Manokwari.

Usai dilepas oleh Kapolres, seketika perairan laut Manokwari nampak ramai dengan puluhan perahu yang dibalut nuansa merah putih dan budaya Papua.

Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom mengatakan menyongsong HUT Bhayangkara ke 76 ini ada dua mata lomba yang secara Otomatis membangkitkan budaya orang Papua. Sekaligus juga memberi motivasi dan edukasi bagi masyarakat dalam memelihara keindahan laut yang memiliki potensi bahari cukup dikagumi.

“Lomba perahu hias dan lomba Yospan ini menjadi bagian dari kemeriahan HUT Bhayangkara ke 76. Tentunya ini merupakan kearifan lokal kita bahwasanya kita kota bahari kemudian memberdayakan sosial dan kultur yang ada di Manokwari,” terang AKBP Parasian Herman Gultom.

Sejalan dengan lomba-lomba memperingati HUT Bhayangkara itu, Gultom mengaku ini juga merupakan strategi polri untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, sehingga masyarakat memahami tugas-tugas kepolisian dalam memberikan pelayanan.

“Tujuan lainnya adalah kepolisian lebih dekat kepada masyarakat dan masyarakat lebih dekat dengan tugas-tugas polisi yang dilaksanakan,” ujar AKBP Gultom.

Lomba perahu hias itu kemudian ditanggapi positif oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Manokwari, drg.Henri Sembiring. Mantan Kepala Dinas Kesehatan Manokwari itu memberi apresiasi kepada Polres Manokwari yang telah membangkitkan kembali budaya orang asli Papua.

Selain itu, Sembiring mengatakan lomba perahu hias ini sekaligus menjadi arena hiburan bagi masyarakat pasca dilanda Pandemi Covid-19.

“Sebagai pemerintah daerah kita sangat mendukung kegiatan ini. Karena sekaligus untuk rekreasi dan kesejahteraan masyarakat, karena kita sudah keluar dari masa sulit yaitu Pandemi Covid-19. Terima kasih kepala Polres Manokwari yang sudah inisiasi kegiatan ini,” ungkap Henri Sembiring.

Lomba perahu hias yang menghadirkan kurang lebih 60 peserta itu, mengambil start dari dermaga Satpolair Polres Manokwari, menuju teluk sawaibu dan memutar hingga finish kembali di dermaga Satpolair Polres Manokwari.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *