Anggota MRPB, Eduard Orocomna : Soroti Pembangunan Puskesmas Moskona Barat

oleh -538 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com- Anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) Pokja Adat Eduard Orocomna, ST turut menaruh perhatian pada kelangsungan pembangunan layanan kesehatan.

Salah satunya, terkait pembangunan Puskesmas Moskona Barat di Kabupaten Teluk Bintuni, ia menilai tidak ada keseriusan dari Bupati untuk membangun layanan kesehatan di daerah-daerah terpencil seperti di Distrik Moskona Barat.

“Pembangunan Puskesmas Moskona Barat merupakan proyek nasional yang di bangun menggunakan dana APBD Kabupaten Teluk Bintuni, yang masih mangkrak ini diharapkan agar Pemda Teluk Bintuni melalui dinas kesehatan segera menlanjutkan dan menyelesaikan sebelum masa jabatan bupati berakhir,” ungkap Eduard Minggu, (26/5/24) melalui keterangan pers.

Menurutnya, masyarakat Moskona Barat membutuhkan layanan kesehatan yang mudah dijangkau sehingga Puskesmas tersebut sangat penting.

“Mengingat akses dari Moskona Barat ke Ibu Kota Teluk Bintuni sangat jauh dan memakan biaya transportasi mahal juga sehingga perlu harus punya puskesmas,” terangnya.

Dikatakan Eduard, proyek pembangunan Puskesmas ini harus segera diselesaikan, tidak dibiarkan mangkrak, mengingat peletakan batu pertama Puskesmas telah dilakukan tahun 2020 lalu.

“Saya juga minta agar kepala dinas Kesehatan Teluk Bintuni juga memperhatikan pembangunan layanan kesehatan di Moskona Barat, kalau bisa jangan fokus ke distrik lain atau daerah yang dekat kota saja, baru yang ada di pedalaman itu tidak fokus,” tuturnya.

Eduard mengaku, pembangunan Puskesmas tersebut dikerjakan kontraktor asli Moskona Barat. Walaupun demikian, kontraktor sangat sulit menjumpai kepala Dinas Kesehatan.

“Kepala Dinas selalu mengatakan nanti tahun depan dan tahun depan baru dibangun, sampai tahun 2024 ini juga belum ada kejelasan sama sekali terkait kelanjutan dari pembangunan Puskesmas tersebut,” tambah Eduard. ()

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *