APERNAS Apresiasi Bank BTN Tetap Komitmen Kebutuhan Rumah Subsidi Bagi MBR

oleh -264 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Pengembang Rumah Sederhana Sehat Nasional (APERNAS) Papua Barat, Frans Franky Johanes Kambey mengapresiasi pertemuan antara DPD  Real Estate Indonesia (REI) Papua Barat, BTN Jayapura, Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Papua Barat ,

Dikatakan, asosiasi Pengembang Rumah Sederhana Sehat Nasional (APERNAS)  Apresiasi Bank BTN Komitmen Kebutuhan perumahan layak bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang digelar di Restoran Oriestom By Manokwari, Jumat (01/04/2022).

Hadir dalam pertemuan itu, Ketua DPW REI Papua Barat, V Julius Lois, SE. CPA  di Manokwari, PLT Sekretaris DPW REI Papua Barat, Kepala Bank BTN  Jayapura Bindu Marbun, SE MM, Ketua BTN Manokwari, Ketua DPW APERNAS Papua Barat, Ketua APERSI Papua Barat Murdani, Manager BTN Manokwari Nicolaus Koromat, pengembang, Clinton Tallo,  Kamis (10/3/2022).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Pengembang Rumah Sederhana Sehat Nasional (APERNAS) Papua Barat, Frans Franky Johanes Kambey menuturkan, kami sangat apresiasi program Bank BTN, termasuk BP TAPERA  yang menyentuh masyarakat berpenghasilan rendah, banyak deadlock,  untuk seluruh Indonesia ada 15.000. 000 unit rumah.

‘’Kami berharap pertemuan-pertemuan yang dilaksanakan Bank BTN sebulan sekali kami harus ada pertemuan dengan teman-teman developer dan Bank BTN,’’ terang Ketua DPW APERNAS Papua Barat Franky Johanes Kambey, disela-sela pertemuan, Jumat (01/03/2022).

Ketua APERNAS mengatakan, memang ada kendala, waktu lalu sudah ada keputusan dari pusat dari perbankan pusat, pada umumnya setelah sampai di daerah berubah kegiatannya dan adakalanya pengembang atau developer itu seperti di nina bobokan.

‘’Tetapi untuk sekarang setelah kami melihat perkembangan dilaksanakan Bank BTN, kami mengapresiasi sehingga masih bisa membangun rumah MBR untuk kesinambungan, diharapkan juga perbankan bisa ol out dan bisa membantu kami dalam setiap pembangunan rumah untuk MBR,” tuturnya.

Lebih lanjut Kambey mengatakan, setelah lebaran APERNAS berencana membuat pameran seluruh developer di Manokwari dan Papua Barat, berharap ada kerjasama DPD REI, APERSI dan APERNAS. Karena kami melihat peluang-peluang bagaimana Developer bisa membangun di tanah Papua ini,’’ tandas Kambey.

Menurutnya, Badan Pengelola (BP) Tabungan Perumahan Rakyat TAPERA dulu mengkhususkan untuk PNS, tetapi sekarang seperti yang disampaikan Kepala Bank BTN Jayapura menepis akan hal itu, bahwa pemerintah membuka peluang untuk masyarakat yang belum memiliki hunian, walaupun bukan PNS warga berkesempatan memiliki rumah.

“Kambey menambahkan, dengan catatan ada kesiapan untuk angsuran rumah, itu salah satu kemudahan. Karena waktu lalu masyarakat swasta tidak memperoleh rumah, sekarang ada kemudahan dari TAPERA, kami apresiasi Ketua REI, Ketua APERSI dan dari APERNAS Papua Barat kami siap menunjang kegiatan TAPERA ke depan,” pungkas Kambey.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *