Bank Papua KCU Manokwari Sosialisasi Sistem Payroll Gaji ASN dan Aplikasi CSM Kepada Pemkab Pegaf

oleh -300 Dilihat

PEGUNUNGAN ARFAK, PapuaStar.com – Kantor Cabang Utama (KCU) Manokwari Bank Papua menggelar Gathering sekaligus lunch time dan ramah tamah serta sosialisasi Payroll Gaji ASN juga menjelaskan manfaat dari Aplikasi (CSM) Cash Management System bersama pemerintah daerah Pegunungan Arfak, di Aula DPR Pegunungan Arfak (Pegaf), Senin (14/03/2022).

Pimpinan Kantor Cabang Utama (KCU) Manokwari Bank Papua, Bertha Affar SE, MM mengatakan, arti payroll gaji proses pembayaran gaji yang dilakukan oleh pemerintah daerah dengan tidak dilakukan pemotongan uang lain-lain selain yang tertera pada lampiran SP2D.

Payroll gaji akan membantu para bendahara untuk membayar gaji ASN pada dinasnya tepat waktu, secara induk pemerintah Kabupaten Pegunungan Arfak akan sangat mudah untuk proses pembayaran gaji. Jadi bendahara tidak akan pusing lagi potongan-potongan uang atau tagihan dan yang akan mengerjakan semuanya adalah petugas Bank,”  ucap Bertha Affar saat lakukan sosialisasi terkait dengan Payroll gaji ASN, di Kantor DPR Pegunungan Arfak, Senin (14/03/2022).

Dikatakan Bertha Affar, cukup bendahara mengantarkan SP2D nya jangan ada potongan-potongan, begitu juga dengan Bendahara tidak melakukan pemotongan lagi. Namun dapat dilakukan potongan hanya terdapat pada SP2D saja.

“Apabila ada ASN yang punya kewajiban di Bank yang lain, itu nantinya akan tercatat pada rekening koran tersebut Secara langsung diatur oleh petugas Bank Papua,” jelasnya.

Akan tetapi SP2D nya masuk secara murni sehingga akan memberikan kepercayaan kepada pemerintah dan ASN memberikan pelayanan terbaik, menumbuhkan rasa memiliki pada Bank Papua dengan kepedulian kepada pemerintah daerah khususnya bendahara dan ASN serta transparansi.

“Bank Papua akan membantu memperlancar transaksinya. Karena ada transparansi itu sangat penting dan ada SP2D untuk Payroll gaji, begitu dikeluarkan oleh BPKAD dinas melalui Bendahara diantarkan kepada pihak Bank,” cukup mengantar dengan daftar gaji pegawainya ke Bank Papua,” terang Bertha Affar.

Selanjutnya akan diproses oleh petugas Bank melakukan penyaluran gaji melalui rekening ASN. Yang penting prosesnya SP2D nya sampai ke Bank sebelum tanggal 1. Perlu di perhatikan khusus para Bendahara apabila mengantarkan SP2D ke Bank Papua pada tanggal 1 tentunya tidak bisa diterima langsung oleh pegawai setempat saat itu juga, karena harus di proses terlebih dahulu.

Berdasarkan hukum Inpres no 10 tahun 2016 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi, surat edaran Mendagri nomor 910/1866/SJ

Dikatakan Bertha Affar, ketika Payroll gaji ini dijalankan otomatis terjadi tranparansi dan tidak ada pungutan-pungutan liar lagi, untuk ASN yang punya kewajiban membayar kredit di Bank pastinya akan ada Rekening koran angsurannya berapa yang akan dibayarkan, maka jelas semua pemotongannya,” papar Pimpinan KCU Manokwari Bank Papua.

Lebih utama tertib Administrasi lebih tertib, kas manajemen untuk Payroll gaji, waktu lebih singkat dan karena CMS aplikasinya mendukung untuk laporan-laporan, Payroll gaji serta membantu bendahara untuk tertib administrasi.

“Uang persediaan dan lebih mudah diidentifikasi juga mempertanggungjawabkan karena menggunakan sistem ini mempermudah catatan. Serta mempermudah apabila ada pemeriksaan keuangan. Untuk itu Pemda harus berkomitmen membuat aturan pemerintah daerah yaitu melakukan koordinasi dengan bank Papua sebagai bank pengelola keuangan daerah terkait payroll gaji serta implementasi transaksi non tunai.

Menetapkan kebijakan implementasi payroll gaji dan transaksi non tunai serta menyusun rencana aksi atas pelaksanaan kebijakan yang dimaksud. Kemudian SDM juga harus dipersiapkan BPKAD untuk mengelola aplikasi CMS membantu mempermudah transaksi

“Lewat aplikasi Cash Management System(CMS) akan mempercepat dan mengurangi resiko kesalahan pencairan SP2D. Jadi nanti dari Pemda bisa proses langsung melalui aplikas rekening-rekening dinas dapat di akses melalui internet dan Bank Papua siap membantu pemkab Pegaf.

Bertha Affar menambahkan, Visi Bank Papua menjadi Bank regional yang kuat, terpercaya, berdaya saing dan mendukung pembangunan ekonomi di tanah Papua.

“Ia menambahkan, sedangkan Misi dari Bank Papua adalah memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder, mengelola bisnis melalui praktek perbankan yang sehat, menjalankan bisnis secara profesional dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta pembangunan di tanah Papua,” tandas Bertha Affar.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *