BKOW Papua Barat Sosialisasi Peningkatan Kapasitas dan Partisipasi Perempuan Dalam Politik 2024

oleh -527 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Papua Barat sosialisasi peningkatan kapasitas dan partisipasi perempuan dalam politik 2024, dengan Sub Tema : meningkatkan keterlibatan perempuan dalam kursi legislatif pemilu 2024, di Oriestom Bay – Jalan Rendani, Selasa (07/11/2023).

Peserta yang mengikuti Sosialisasi sebanyak 100 orang yang terdiri dari 75 orang dari utusan organisasi perempuan, 18 orang caleg partai serta pengurus BKOW juga Ketua BKOW Papua Barat Sulastri Mandacan.

Caption Foto : Ketua Penyelenggara Bidang Hukum dan Politik BKOW Papua Barat Hayati Mansur/Istimewa.

Ketua Penyelenggara Bidang Hukum dan Politik BKOW Papua Barat Hayati Mansur mengatakan, bagaimana cara untuk dapat memenuhi 30 persen duduk di kursi legislatif

“BKOW adalah organisasi perempuan sebagai payung dari organisasi perempuan di Papua Barat yang memiliki tujuan membangun melakukan koordinasi dan kerjasama semua kelompok perempuan dalam mendorong pelibatan perempuan disemua aspek pembangunan,” tuturnya dalam Sambutannya, di Oriestom Bay Rendani Manokwari, Selasa (07/11/2023).

Caption foto : Hayati Mansur memperkenalkan para caleg di hadapan seluruh peserta kegiatan/Istimewa.

Untuk itu BKOW memiliki beberapa bidang yang bekerja fokus pada berbagai kegiatan dengan melihat pada isu yang berkaitan peningkatan dan kemajuan kaum perempuan di Papua Barat.

“Salah satu bidang di BKOW adalah bidang Hukum HAM dan politik. Bidang ini mendorong penegakan hukum yang adil dan penghormatan terhadap HAM perempuan terutama pada pemilu 2024,” jelas Hayati Mansur.

Caption foto : Ketua BKOW Papua Barat Sulastri Mandacan bersama pengurus BKOW Papua Barat/Istimewa.

Maka BKOW menyadari perlu mendorong partisipasi perempuan dalam pemenuhan kuota 30% di politik.

“Oleh sebab itu, kegiatan hari ini diharapkan dapat bermanfaat dan berkontribusi mendorong partisipasi,” ujarnya.

Perlu diketahui, jumlah perempuan di legislati 2024 mencapai kuota 30% sebagai upaya mencapai kesetaraan dan keadilan dalam demokrasi yang adil bagi laki-laki dan perempuan.

Caption foto : Ketua BKOW Papua Barat Sulastri Mandacan dan Ketua Penyelenggara Bidang Hukum dan Politik BKOW Papua Barat Hayati Mansur/Istimewa.

“Diharapkan kegiatan edukasi peningkatan kapasitas perempuan pada kegiatan hari ini dapat memberi dampak positif dan meningkatkan kesadaran serta pemahaman perempuan untuk dapat menentukan pilihannya tepat bagi para caleg perempuan yang akan maju dan duduk di DPR baik di kabupaten/ Provinsi serta pusat. kursi istimewa di Parlemen,” beber Haryati Mansur.

Dengan hadirnya perempuan di legislatif 2024 diharapkan dapat membawa aspirasi) suara perempuan untuk menjadi program pemerintah daerah dalam mencapai kesetaraan dan keadilan gender di papua barat.

“Hayati Mansur menambahkan, caleg yang duduk di legislatif dapat mendorong lebih maksimal pelayanan yang sudah ada sekarang dan program-program untuk perempuan dapat di perhatikan,” tandasnya.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *