Buka Musda ke IV MUI, Gubernur : Jadi Momentum Peningkatan Eksistensi di Bumi Kasuari

oleh -99 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan membuka Musyawarah Daerah (MUSDA) ke-IV MUI Papua Barat, dengan tema : meneguhkan peran majelis ulama Indonesia dalam merajut Ukhuwah dan mewujudkan Papua Barat yang aman sejahtera dan bermartabat, di Aula Gedung MUI Papua Barat, Jumat 12 November 2021.

“Semoga pengurus MUI Provinsi Papua Barat yang terpilih nantinya benar-benar dapat bekerja untuk umat dan dapat bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Papua Barat dalam menjalankan roda pembangunan,” ucap Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dalam sambutannya.

Diharapkan menjadi forum dan momentum melakukan perenungan evaluasi dan introspeksi terhadap keberadaan peranan serta sumbangsih juga situasi dan kondisi MUI Provinsi Papua Barat selama 5 tahun terakhir ini.

“Selain itu, MUI dapat merumuskan jalan kebijakan strategis yang diyakini akan mampu meningkatkan eksistensi dan peranan organisasi MUI dalam melindungi dan mensejahterakan umat Islam yang ada di Provinsi Papua Barat,” jelas kepala suku besar Arfak ini.

Sebagaimana kita ketahui bersama, fungsi MUI adalah fatwa dan menasehati kepada umat Islam, jadi wadah ukhuwah islamiyah, dan sebagai organisasi yang mewakili umat Islam serta menjadi penghubung timbal balik antara ulama dan Umara guna menyukseskan roda pembangunan di Indonesia khususnya di Provinsi Papua Barat ini.

“Tak hanya itu saja, ulama juga memiliki tanggung jawab moral yang tidak hanya mencakup masalah ibadah, termasuk kemaslahatan di dunia yaitu menyangkut muamalah hubungan sosial yang lebih luas,” ucap Dominggus Mandacan.

Selama ini telah terbukti para pengurus MUI Provinsi Papua Barat telah banyak berperan dalam memberikan respon dan menjawab kebutuhan umat Islam di bidang agama, ekonomi, pendidikan, hukum, pemerintahan dan budaya.

“Untuk itu diharapkan MUI bisa sebagai parameter untuk mengukur dan mengevaluasi, peran dan tugas yang akan dilaksanakan mulai ke depan sesuai dengan harapan sinergitas antara pengurus MUI dan pemerintah provinsi sudah terjalin hingga saat ini tetap terus terjaga,” kata mantan Bupati Manokwari dua periode ini.

Saya berharap kepada pengurus yang baru nanti benar-benar dapat membina umat Islam yang ada di Papua Barat. Serta dapat meningkatkan kualitas MUI, sejarah organisasi maupun pelayanannya kepada umat Islam.

“Dominggus Mandacan menambahkan, membangun dengan hati mempersatukan dengan kasih menuju Papua Barat yang aman sejahtera dan bermartabat,” tandas Gubernur.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *