Buka Pekan Pembayaran PBB-P2 Bupati Hermus Minta Wajib Pajak Taat

oleh -162 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Dalam upaya mendorong peningkatan pendapatan asli daerah, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Manokwari menggelar kegiatan Pekan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) tahun 2022 yang dibuka langsung oleh Bupati Manokwari Hermus Indou, Senin (10/10/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Hermus Indou menekankan kepada seluruh wajib pajak untuk taat membayar pajaknya. Sebab dengan pembayaran pajak tepat waktu mampu menambah kapasitas fiskal daerah yang kompetitif, sehingga segala kebutuhan masyarakat pada semua sektor pembangunan bisa diwujudkan.

“Saya apresiasi Bapenda yang kepemimpinan sebelumnya yang dilanjutkan oleh kepemimpinan saat ini peningkatan pendapatan asli daerah sangat luar biasa. Ini adalah hal yang baik untuk kita dorong pertumbuhan ekonomi di daerah,” ungkap Bupati Manokwari Hermus Indou.

Bupati juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah membayar pajak tepat waktunya. Dengan demikian, kesadaran membayar pajak harus terus ditumbuhkan sehingga menjadi teladan bagi masyarakat lain.

Caption Foto : Pembukaan Pekan Pembayaran PBB-P2, Badan Pendapat Daerah (Bapenda) Kabupaten Manokwari.(PS-01)

Selain dilaksanakannya Pembayaran PBB-P2, peran aktif stakholder sangat dibutuhkan dalam mendorong pendapatan daerah.

“Kepala distrik, kepala kampung, tokoh masyarakat dan ASN agar bisa dimanfaatkan sebaik mungkin agar penerimaan pendapatan daerah dapat lunas tepat waktu. Pajak ini buka hanya dipungut, tetapi sebagai alat untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat,” timpal Hermus Indou.

Sejalan dengan itu Kepala Bapenda Sius Nario Yenu menjelaskan kegiatan Pekan Pembayaran PBB-P2 ini adalah baru pertama kalinya dilaksanakan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah pada sektor pajak bumi dan bangunan serta meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai wajib pajak.

Dikatakannya juga bahwa wilayah Manokwari merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi pendapatan cukup besar, namun pelaksanaannya masih perlu ditingkatkan. Sebab tingkat pemahaman tentang pentingnya membayar pajak relatif rendah, yang berpengaruh pada tingkat kepatuhan wajib pajak terbatas.

“Mengantisipasinya perlu inovasi dan terobosan yang mampu meningkatkan kesadaran para wajib pajak dengan digitalisasi penerimaan pembayaran yaitu bekerjasama dengan mitra Bank Indonesia, Bank Papua, Bank BNI dan PT. Pos Indonesia cabang Manokwari,” tutup Yenu.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *