Cerita Pengalaman, NT Motivasi Anak-Anak Kampung Maisepi Ikut Kursus Komputer

oleh -252 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Legislator Kabupaten Manokwari asal Partai Golkar Norman Tambunan membuka kursus komputer bagi anak-anak di kampung Maisepi, Distrik Manokwari Selatan, Senin (30/5/2022).

Kehadiran Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manokwari itu tidak serta merta untuk membuka kegiatan tersebut. Namun dalam suasana yang bahagia itu, Norman berkesempatan memberikan motivasi bagi peserta kursus agar pelatihan yang diikuti itu harus ditekuni dengan baik dan benar.

Sebab kata Norman, saat ini generasi bangsa dihadapkan dengan perkembangan tekhnologi yang semakin hari semakin maju. Tentunya kondisi ini menuntut generasi bangsa yang cerdas dan memiliki kemampuan dalam bidang tekhnologi. Motivasi ini ditegaskannya agar generasi Papua saat ini tidak tertinggal jauh dengan perkembangan tekhnologi yang semakin pesat ini. Lebih positif lagi, bahwa rasa peduli dan empati terhadap generasi Papua saat ini sangatlah besar, sehingga Norman optimis kelak nanti ada generasi Papua yang sukses dibidang teknologi.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manokwari Norman Tambunan Foto Bersama Anak-anak Peserta Kursus Komputer

“Kalau kita ingin Papua maju maka SDM nya juga harus maju, jangan pernah bosan untuk belajar, nanti sarana dan prasarananya kita siapkan. Alatnya kami siapkan, pengajarnya kami siapkan, ade-ade tinggal belajar saja, minimal pelajari basic nya dulu, karena semua pekerjaan sekarang dituntut menggunakan komputer, ujian apapun sudah mulai menerapkan sistem komputerisasi. Jangan sampai anak-anak Papua ketinggalan terus karena tidak mau update teknologi,” ungkap Norman Tambunan.

Sebagai motivasinya, Norman menceritakan pengalaman pribadinya selama menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS). Dalam kurun waktu 13 tahun menjadi seorang PNS, Norman mengaku dirinya tidak mengetahui cara kerja menggunakan komputer. Namun dengan niat yang kuat menjadi dorongan bagi dirinya untuk mempelajari tentang komputer.

“Waktu awal jadi pegawai saya juga blm tau komputer, karena ada dorongan ingin tau saya kesampingkan rasa malu, saya terus belajar dari teman-teman dan akhirnya bisa, minimal tau basis dasar,” bebernya.

Sementara itu Ketua KSM Papua Barat Lamek Dowansiba mengatakan bahwa saat ini dirinya telah membuka 34 unit rumah baca. Ini semata-mata untuk meringankan pendidikan formal bagi anak-anak Papua. Mengingat beberapa anak Papua yang didapati masih kesulitan dalam pendidikan formal walau usia mereka sudah cukup.

Terhadap literasi digital ini baru akan digelutinya. Oleh sebab itu dirinya optimis kedepan literasi digital ini akan terus berkembang guna memberikan edukasi kepada anak Papua. Tentu pula sebagai anak asli Papua asal Pegunungan Arfak, Lamek berharap ada ukuran tangan pihak-pihak terkait untuk membantu tenaga pengajar dan fasilitas pendukung lain berupa komputer sebagai sarana praktek para peserta kursus.

“Semoga kedepan bisa dikembangkan ke jaringan kami yang lain. Saat ini kami baru memiliki 4 laptop untuk memulai. Nanti katanya Bapak Norman akan belikan PC, kami berharap para pihak dapat berkolaborasi membantu kami, baik sebagai relawan pengajar ataupun berlokasi perangkat komputer untuk sarana praktek belajar mengajar,” ujar Lamek.

Kepala Kampung Maisepi Kule Dowansiba memberi apresiasi kepada Lamek Dowansiba sebagai anak Papua yang peduli akan pendidikan ditanah Papua Barat ini, atas ketekunannya mendirikan Rumah Baca disejumlah kabupaten di Papua Barat.

Apresiasi serupa juga diberikan kepada Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manokwari Norman Tambunan yang bersedia membuka kursus bagi anak-anak di kampung Maisepi.

“Kita harus bangga Rumah Baca NT2113 awal mulanya dari Kampung Maisepi. Anak muda yang mau bekerja untuk tanah Papua Sudah membuka di Kabupaten Pegaf, Manokwari Selatan, dan Tambrauw. Atas nama pemerintah kampung saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Terima kasih juga kepada Wakil Ketua DPRD Bapak Norman Tambunan yang berkenan hadir memberikan pelayanan kepada anak-anak Kampung Maisepi,” terang Kule Dowansiba.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *