Pasca Dikukuhkan, Keliopas Meidodga Segera Melakukan Konsolidasi dan Sosialisasi ke Masyarakat

oleh -156 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah III Doberai Keliopas Meidodga dalam waktu dekat ini akan melaksanakan konsolidasi organisasi dan sosialisasi ke tengah-tengah masyarakat.

Sosialisasi yang dimaksudkan Ketua DAP Wilayah III Doberai ini adalah tentang tugas dan fungsi Dewan Adat yang notabenenya bertanggungjawab melindungi hak-hak masyarakat adat

“Setelah ini saya akan melengkapi struktur dewan adat karena kegiatan yang akan kita mulai adalah dari kampung ke kota supaya masyarakat pahami tugas dan fungsi dewan adat ini. Seperti tadi saya sampaikan, dewan adat ini bertugas untuk melindungi hak masyarakat adat,” tutur Keliopas Meidodga, Selasa (31/5/2022).

Keliopas juga berpesan kepada pemilik hak Ulayat agar tidak sembarangan menjual tanah kepada masyarakat. Hal ini untuk menghindari adanya pembayaran tidak tepat sasaran yang berdampak pada stabilisasi keamanan dan ketertiban ditengah keluarga maupun masyarakat secara umum.

“Masyarakat yang mau jual tanah tidak boleh sembarangan, harus mengumpulkan semua keluarga untuk menyepakati harga dengan pembeli. Hasil dari itu kembali duduk untuk menikmati bersama, tidak boleh ada individu yang mengatasnamakan keluarga. Karena itu yang membuat keluarga kacau,” tandasnya.

Selanjutnya Ketua DAP Wilayah III Doberai juga mengingatkan kepada kepala-kepala kampung agar tidak memekarkan kampung dengan tidak mempertimbangkan ketersediaan lahan bagi masyarakat untuk bercocok tanam.

Sama halnya dengan bantuan dana kepada masyarakat. Yang mana tugas aparat kampung adalah untuk menyalurkannya kepada masyarakat secara tepat sasaran. Selain itu membuat laporan pertanggung jawaban kepada pemerintah daerah, sehingga tidak ada temuan dikemudian hari.

“Kemudian untuk kepala kampung, jangan asal membentuk desa atau kampung sementara lokasi untuk jaminan hidup masyarakat bercocok tanam tidak ada. Begitu pula dana bantuan dari pemerintah kepada masyarakat harus disalurkan dengan benar, karena harus dipertanggung jawabkan,” tutup Keliopas.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *