Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Fasharkan TNI-AL Manokwari Tanam Berbagai Macam Bibit

oleh -184 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Fasharkan TNI Angkatan Laut (AL) Manokwari menggelar penanaman bibit sorgum, kedelai, cabe dan secara serentak di 77 lokasi diseluruh Indonesia Termasuk di Manokwari.

Kepala Fasharkan TNI-AL Manokwari Kolonel Laut (T) Priyonggo Syamrahmadi, S.Ak., M.Tr.Opsla., CIQnR mengatakan, menanam bibit tersebut merupakan bukti bahwa TNI AL turut mendukung ketahanan pangan nasional.

“Hari ini kita menanam secara serempak di seluruh satuan TNI Angkatan Laut di 77 titik,” terang Priyonggo Syamrahmadi, disela-sela menanam bibit di lahan Fasharkan TNI-AL Manokwari, Jumat (09/09/2022).

Priyonggo Syamrahmadi menjelaskan, pihaknya sengaja memilih tanaman sorgum sebagai alternatif padi dan gandum karena dinilai mampu menahan air. Selain itu kata Priyonggo sorgum juga dianggap memiliki kadar gula yang cukup rendah serta tak banyak mengandung kolesterol.

“Sorgum ini merupakan tanaman sehat artinya produknya adalah produk gula rendah dan juga tidak banyak mengandung kolesterol. Diharapkan bisa terealisasikan kepada masyarakat sehingga punya alternatif lain untuk mengkonsumsi padi dan gandum,” ucapnya.

Dikatakan Priyonggo, bahwa Sorgum bukanlah pengganti padi, namun merupakan makanan alternatif. “Mudah-mudahan ini bisa kita kembangkan terus, jadi bukan hanya di AL, tetapi di masyarakat Manokwari juga. Mudah-mudahan ini bisa menjadi tolak ukur baru bahwa Indonesia ini kaya akan berbagai macam tanaman.

“Tak hanya bibit Sorgum saja, Fasharkan TNI-AL Manokwari juga menanam Jagung, kedelai, cabe rawit dan menebarkan bibit lele di Perikanan Petak I dengan luas lahan P.48 MXL.13 M, (Kolam 6 @ UK 3×3 M) dilahannya Fasharkan TNI-AL Manokwari.

Selanjutnya Kafasharkan menambahkan, bahwa lahan yang tidak digunakan kedepannya Fasharkan TNI-AL Manokwari akan bekerja sama mengembangkan bibit-bibit bersama Politeknik Pembangunan Pertanian di Manokwari,” jelas Priyonggo Syamrahmadi.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *