Gubernur Dominggus Mandacan Lepas 55 Peserta Ziarah Rohani ke Israel

oleh -162 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan melepas 55 peserta keberangkatan rombongan ziarah keagamaan ke Israel tahun 2022. Acara tersebut diawali rangkaian Ibadah bersama yang dipimpin Ketua Klasis GKI Manokwari,Pdt. J. Mamoribo, di Gedung Serbaguna Gereja Efrata Wosi, Sabtu (19/02/2022).

Dominggus Mandacan menceritakan disaat dirinya berkunjung ke Israel pada tahun 2003 terlaksana program ini ketika dirinya masih menjabat sebagai Bupati Kabupaten Manokwari.

“Awalnya program ini diusulkan oleh Almarhum Pdt Wanma yang hendak mendirikan perusahaan bilamana ada kegiatan kunjungan ke Israel dapat diakomodir,” terang Dominggus Mandacan saat menceritakan sejarah asal-muasal adanya program ini, memberangkatkan para pemuka agama dari semua Agama, Sabtu (19/02/2022).

Dominggus Mandacan sebagai Bupati Manokwari saat itu kemudian mendukung dan memberangkatkan semua para pimpinan keagamaan.

“Salah satu momen yang paling berharga dan sangat berkesan saat itu melaksanakan ziarah ke Israel, saya berdoa di tembok ratapan dan meminta saat itu kepada Tuhan agar suatu saat dapat dipercayakan mengemban amanat sebagai Gubernur Papua Barat,” ucap Kepala suka besar Arfak Papua Barat.

Lebih lanjut mantan Bupati Manokwari Dua periode berpesan, agar rombongan selalu mengutamakan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di karena masih dalam situasi pandemi, utamakan pada saat mengikuti anjuran pihak travel sebagai penanggungjawab.

“Yang utama perjalanan ke luar negeri ini dibutuhkan tenaga dan kemampuan ekstra, jaga kesehatan dan pandemi covid-19 harus taat prokes. Selalu berdoa dan bekerja agar pergi dengan sehat kembali ke Manokwari juga semua sehat,” tandas Gubernur Dominggus Mandacan.

Pimpinan Tour and Travel Shalom Papua, Pdt. Emma Ellen Wanma juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Papua Barat yang telah memberikan kepercayaan dalam menangani urusan keberangkatan.

“Selain itu urusan administrasi mulai dari tiket, visa dan kelengkapan persyaratan keberangkatan telah lengkap dan aman. Nantinya rombongan asal Papua Barat akan terbang langsung ke Negera tujuan,” tuturnya kepada sejumlah wartawan, usai Gubernur Papua Barat dengan resmi melepas 55 orang yang akan berangkat ke Israel.

Untuk program tahun 2022 terakomodir sebanyak 55 orang dan dibagi dalam dua termin. Harus di mengerti karena dalam keadaan situasi covid seperti ini.

“Bersyukur kepada Tuhan karena rombongan yang berangkat kali ini sudah ada legitimasi. Visa, tiket dan sebagainya semua sudah lengkap, dan besok hari akan meninggalkan Manokwari,” bebernya.

Total keseluruhan ada 55 orang dibagi 2, rombongan pertama besok rombongan kedua tanggal 20 bulan depan Maret 2022. 

“Rombongan langsung diterima oleh pemerintah Israel karena tidak lewat negara lain tapi kali ini langsung,” pungkas Pdt. Emma Wanma.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *