PWI-PB Gelar Puncak HPN ke-76, Peran Pers Mengkritisi dan Pemersatu Bangsa

oleh -150 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat menggelar peringatan puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 dan Hari Ulang Tahun PWI ke 76, dengan tema : yang diusung Papua Barat Maju, Indonesia Jaya, di Aston Niu Hotel Manokwari, Sabtu (19/02/2022).

Ketua PWI Papua Barat Bustam menuturkan, peran pers mendorong dan mensukseskan serta mengkritisi pembanguann daerah, mencerdaskan masyarakat agar lebih kritisi terhadap situasi yang terjadi.

“PWI Papua Barat terus berupaya menumbuhkan kualitas wartawan dan kompetensi untuk menghasilkan karya jurnalistik terbaik. Wartawan membutuhkan konsistensi dan profesional sehingga dioptimalkan melalui kompetensi,” tuturnya dalam sambutannya di Aston Niu Hotel Manokwari, Sabtu (19/02/2022).

Dikatakan, Wartawan menjadi pencerah dan pemersatu. Kedepan akan menyiapkan program dan konsolidasi untuk penguatan anggota. Peningkatan kapasitas menjadi perhatian serius kami. 

Kemitraan PWI dengan kepala daerah dibuktikan pada puncak peringatan HPN di Kendari gubernur Papua Barat diundang untuk penanaman pohon mangrove,”ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Manokwari Hermus Indou melalui Sekda drg. H. Sembiring berpesan, agar kerjasama yang terjalin selama ini dapat terus ditingkatkan lebih baik lagi.

“Secara konsisten insan pers sudah mewartakan kerja-kerja pemerintah dan juga memberikan kritik. Selain itu ikut menjaga situasi bangsa,” terangnya. 

Yang terpenting juga menghadapi kondisi tidak normal dimasa pandemi. 

“Selain itu untuk vaksinasi dari kerja sama semua pihak sehingga Manokwari memiliki capaian vaksinasi yang tinggi di Papua Barat,” ucap mantan Kadis Kesehatan Manokwari.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan melalui staf ahli gubernur Papua Barat bidang pemerintahan umum dan otsus Thamrin Payapo mengatakan, insan pers tetap bekerja menyampaikan informasi dan tingkat literasi serta membangun optimisme ditengah pandemi Covid-19.

“Dalam 2 tahun industri pers dalam tekanan karena pandemi Covid-19. Percepatan informasi digital untuk karya jurnalistik berkualitas yang cepat dan tepat. Masih ada kekurangan dan keterbatasan dari pemerintah, pemprov Papua Barat terbuka menerima masukan untuk langkah besar,” bebernya.

Dalam vaksinasi pemerintah terbantu dengan kerja sama dari berbagai pihak termasuk media yang menyebarkan informasi. Besarnya peran wartawan mengawal Papua Barat.

“Selain itu pemerintah mengharapkan edukasi ke masyarakat karena menjadi fungsi kontrol pembangunan di Papua Barat,” jelas mantan sekretaris KPU Papua Barat.

PWI Papua Barat sebelumnya juga dalam peringatan HUT HPN menggelar sejumlah kegiatan seperti vaksinasi Covid-19 dan eksebisi futsal yang melibatkan beberapa mitra kerja media.(rls/PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *