Sekda Manokwari : Negara Membutuhkan Peran Pers Pilar Demokrasi dan Memerangi Hoax 

oleh -151 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat menggelar peringatan puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 dan Hari Ulang Tahun PWI ke 76, dengan tema yang diusung : “Papua Barat Maju, Indonesia Jaya” di Aston Niu Hotel Manokwari, Sabtu (19/02/2022).

Bupati Manokwari Hermus Indou melalui Sekertaris Daerah Hendri Sembiring mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada insan pers, karena selama ini telah mendukung dan konsisten mewartakan capaian kerja pemerintah Kabupaten Manokwari.

“Termasuk memberikan masukan dan kritik-kritikan baik, yang pedas, setengah pedas maupun kritik yang biasa,” ucap mantan Kadis Kesehatan Manokwari dalam sambutannya di hadapan insan pers, tamu dan undangan dari Forkopimda Manokwari dan Papua Barat, di Aston Niu Hotel Manokwari, Sabtu (19/02/2022).

Lebih lanjut Sembiring mengatakan, Saya juga mengapresiasi peran pers sebagai pilar demokrasi dan berperan besar dalam mendorong partisipasi masyarakat serta menjaga situasi bangsa tetap dalam keadaan kondusif.

“Sekda berharap dukungan pers juga bisa lebih dimaksimalkan lagi dalam menghadapi situasi yang tidak normal seperti ancaman virus Corona saat ini,” ujar Hendrik Sembiring.

Dikatakan, Peran pers sangat dibutuhkan, ikut membantu menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat, dan tidak menambah kepanikan. Karena pers adalah corong menyampaikan informasi benar bukan yang salah, apalagi membuat kegaduhan hingga pada akhirnya terjadi kekacauan.

“Oleh karena itu, negara membutuhkan kehadiran pers dalam perspektif yang jernih, berdiri di depan melawan  informasi disorder menjadi tameng (kekacauan informasi) yang sering dilakukan dengan sengaja oleh oknum-oknum orang yang tidak bertanggungjawab,” jelas mantan staf ahli pemkab Manokwari.

Tak hanya itu saja, kata Hendri Sembiring, wartawan juga memerangi hoax, ujaran kebencian dan semburan fitnah mengancam kehidupan demokrasi warga Indonesia terutama di Manokwari.

“Maka wartawan mewartakan berita dengan agenda-agenda besar yang dapat membangkitkan semangat positif mendorong produktivitas dan optimisme bangsa,” tandas Sekda Manokwari.

Lanjut Hendri Sembiring menuturkan, karena masyarakat yang sehat pemikiranya akan mencari informasi akurat dan terpercaya. Warga membutuhkan jurnalis salah satu tolak ukur berita berkualitas dari hasil karya jurnalistik yang mampu mengedukasi masyarakat.

“Oleh karena itu, eko sistem media harus dilindungi, diproteksi sehingga masyarakat mendapatkan content berita yang baik dan jelas. Untuk itu diperlukan industri pers yang sehat serta konsisten,” pungkas Sekda Manokwari.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *