Gubernur Papua Barat, Resmikan Lokasi Penangkaran Penyu di Raja Ampat

oleh -197 Dilihat

RAJA AMPAT, PapuaStar.com – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengapresiasi PT Gag Nikel dalam mengembangkan potensi wisata di Pulau Gag, Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Kamis 24 Juni 2021.

Pada kesempatan itu, Gubernur Dominggus Mandacan meresmikan lokasi penangkaran penyu di Wisata Pantai Tuturuga yang merupakan salah satu destinasi wisata di Raja Ampat yang dikembangkan dari hasil kolaborasi Pemerintah Daerah Papua Barat dengan PT Gag Nikel. Dominggus juga melakukan pelepasan penyu dewasa ke alam liar.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan, destinasi wisata ini juga merupakan anak usaha PT Antam Tbk di bidang pertambangan nikel di Pulau Gag. Kegiatan industri pertambangan dapat diharapkan menjadi modal pengembangan potensi daerah.

Ada sumber daya alam tambang di sini, ada nikel. Kita manfaatkan secara baik dan bijaksana. Di tempat ini, juga kita harap bisa jadi destinasi wisata yang menarik di Raja Ampat,” ucap kepala suku besar Arfak, di Raja Ampat, Kamis 24 Juni 2021.

Sebelumnya, penyu tersebut dirawat di lokasi penangkaran sejak masih telur. Kemudian menetas jadi anakan penyu atau tukik hingga cangkangnya kuat dan siap dilepas ke alam liar.

Proses penangkaran dilakukan secara mandiri oleh penduduk Pulau Gag dengan didampingi tim Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Gag Nikel,” jelasnya.

Hal Ini sesuai dengan program Pemerintah Papua Barat, Pulau Gag sebagai lokasi konservasi dan pembangunan yang berkelanjutan. Masyarakat di sini dukung operasi Gag Nikel.

Selain demi menjaga kelestarian lingkungan, pelepasan penyu dinilai dapat menguntungkan di masa mendatang,” ucap ketua DPW Partai Nasdem Papua Barat.

Para wisatawan asing dan domestik yang berkunjung ke Raja Ampat, nantinya dapat menikmati alternatif wisata penyu di Pulau Gag.

Kita lestarikan bersama supaya bisa manfaatkan. Kalau kita jaga alam, alam akan jaga kita,” tukas Gubernur.(rls/PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *