HUT Ke-45, BKPRMI Papua Barat Bertekad Lebih Membumi Mencetak Pemuda/Remaja Masjid

oleh -524 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) menyatakan komitmennya dalam mencetak pemuda remaja masjid yang tangguh dan kreatif.

Komitmen itu dituangkan dalam tema syukuran milad BKPRMI ke 45 tahun yang berlangsung di gedung lowdewick mandacan Kampung Udapi Hilir SP 3 Manokwari-Papua Barat, Minggu (03/09/2022).

Syukuran yang dihadiri ratusan kader dan pengurus BKPRMI baik di tingkat kecematan, daerah maupun tingkat wilayah Papua Barat tersebut, mengusung tema “45 tahuh BKPRMI membangun pemuda remaja masjid yang tangguh, kreatif untuk kejayaan umat dan bangsa”.

Ketua MPW BKPRMI Papua Barat, Rustam Efendi mengawali sambutannya, yakni mengisahkan awal mula lahirnya dan berdirinya organisasi kepumudaan ini hingga dirinya bergabung dan menjadi kader.

Kata dia, BKPRMI berdiri pada tahun 1977 dan dua tahun setelahnya atau tahun 1979 Rustam Efendi mengikuti kaderisasi di pulau jawa.

“Dua tahun setelah berdirinya BKPRMI atau tepatnya tahun 1979 saya mengikuti pengkaderan. Saat itu kami (Remaja, red) betul-betul didorong semangat yang tinggi bergabung untuk menuntut ilmu bagaimana menjadi remaja masjid,” kisahnya.

Untuk itu, ia berharap agar kedepan kiprah BKPRMI khususnya di Papua Barat lebih membumi lagi dalam mencetak remaja-remaja masjid yang tangguh dan mampu bersaing.

Ketua Umum DPW BKPRMI Papua Barat, H. Mugiyono, S. Hut mengemukakan, sejak mengemban amanah hingga di periode kedua sebagai ketua umum, pihaknya bertekat menjadikan organisasi ini sebagai wadah ukhuwah pemuda remaja masjid yang mandiri dan mampu berkarya.

BKPRMI mulai di tingkat DPK, DPD hingga DPW, kata dia, selain penguatan kaderisasi internal, juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan serta kemanusian.

“Saat ini salah satu programnya yakni pengajian rutin bagi pengurus dan keluarga besar BKPRMI dan pembinaan TPA-TP,” ujar Mugiyono.

“Dan kita juga aktif membagikan vitamin dan APD dan penyemprotan divektan saat covid 19 melanda. Pengumpulan darah melalui aksi donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis,” sambungnya.

Meski demikian pihaknya menyadari, masih sangat membutuhkan saran dan masukan sehingga menjadikan BKPRMI sebagai organisasi kepemudaan islam bermoral dan berkarya yang ikut mengawal dan mengisi kemerdekaan bangsa ini.

“Kami juga ikut mengawal pemilu yang berintegritas bersama KPU Papua Barat melalui pendidikan politiknya, sehingga pemuda remaja-remaja masjid cerdas berdemokrasi. Kami menginginkan, remaja masjid punya kiprah dan tidak acuh tak acuh terhadap demokrasi,” ucap Mugiyono.

Dalam rangkaian milad ke 45 tahun ini, DPW BKPRMI Papua Barat, di hari yang sama memberikan sedekah oksigen, melalui penanaman puluhan pohon di yang melingkari pinggir lapangan SP3 dan SP4 kampung udapi hilir Distrik Prafi.

Selain, organisasi kepemudaan islam, turut hadir dalam syukuran tersebut, sejumlah perwakikan forkopimda dan TNI-Polri.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *