Ingin SDM Unggul, Bupati Manokwari akan Menerapkan Sekolah Berpola Asrama

oleh -114 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Dunia pendidikan di Manokwari khususnya SD dan SMP menjadi sorotan Bupati Hermus Indou. Mendasari sorotan orang nomor satu di Kabupaten Manokwari itu, saat kunjungan dirinya bersama pimpinan OPD dalam acara penyerahan bantuan komputer di SMP YPK 1 dan SMP YPK 2, Selasa (01/11/2022) siang.

Setelah mendengar aspirasi dari kepala sekolah, Bupati langsung berkeinginan untuk menghadirkan sekolah berpola asrama. Bupati Hermus Indou menilai sudah waktunya sekolah di Manokwari menerapkan pola asrama. Sebab dengan disiplin yang tinggi akan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.

Namun demikian, harus didukung oleh lingkungan yang sehat dan terhindar dari pemukiman padat penduduk. Sehingga konsentrasi siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar lebih terfokus.

Tidak hanya sekolah berpola asrama, Bupati Manokwari Hermus Indou juga berkeinginan untuk memberikan kenyamanan bagi siswa khususnya di dalam kelas, dengan memasang Air Conditioner (AC) Sehingga siswa lebih nyaman dalam berinteraksi dengan guru.

“SMP YPK 1 dan YPK 2 kedepan kita persiapkan untuk menjadi sekolah unggulan yang berpola asrama. Oleh karena itu butuh lingkungan yang sehat, jangan ada pemukiman disekitar lokasi sekolah,” ungkap Bupati Manokwari Hermus Indou.

Penerapan sekolah berpola asrama ini dinilainya akan lebih maksimal dalam melahirkan sumber daya manusia yang lebih baik.

Bupati Hermus Indou kemudian memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menginventarisir fasilitas sekolah yang membutuhkan perbaikan, serta rumah dinas yang masih ditempati keluarga pensiunan guru.

“Dinas pendidikan segera berkoordinasi dengan sekolah ini untuk apa yang bisa kita bantu. Ruangan yang sudah tidak layak, segera dilaporkan. Kemudian rumah dinas guru yang masih ditempati keluarganya segera dilaporkan agar kita mencari solusi. Agar kita bisa terapkan sekolah berpola asrama,” tandas Bupati Manokwari.

“Tapi ini bertahap dan sesuai anggaran yang tersedia,” timpal Bupati Hermus Indou.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *