Ipda Tegar Wijaya, Dari Polda Papua Barat Perkuat Pasukan Perdamaian PBB di Afrika Tengah

oleh -422 Dilihat

JAKARTA, PapuaStar.com – Polda Papua Barat patut berbangga karena salah satu anggotanya yakni,Ipda Tegar Wijaya S.Tr.K, Kanit Tipidter Sat Reskrim Polres Fakfak menjadi salah satu perwakilan dari Polda Papua Barat yang menjadi bagian dari Misi Perdamaian PBB Satgas Garuda Bhayangkara FPU 4 MINUSCA di daerah konflik, Bangui, Afrika Tengah.

Ipda Tegar Wijaya S.Tr.K bersama personel Polri terpilih lainnya ikuti Pembaretan Satgas Garuda Bhayangkara FPU 4 MINUSCA yang akan melaksanakan tugas misi PBB di wilayah konflik Afrika Tengah, di Gunung Halimun, Caringin, Jawa Barat.

Upacara dipimpin oleh Kepala Kontingen Satgas Garuda Bhayangkara FPU 4 MINUSCA AKBP Wahid Kurniawan S.I.K sebagai Komandan Upacara, dan Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum sebagai inspektur upacara menutup pembaretan personel Satgas di Camp Puncak Halimun pada hari Jumat, 26 September 2022.

Kadivhubinter menyampaikan, sebanyak 154 personel Satuan Tugas (Satgas) Garuda Bhayangkara (Garbha) FPU 4 MINUSCA yang terdiri dari 25 polisi wanita (Polwan) dan 115 polisi laki-laki (Polki) yang telah mengikuti latihan pra penugasan untuk berangkat pada tanggal 17-19 September 2022. Acara dihadiri juga Brigjen. Pol. Krishna Murti, S.I.K., M.Si. sebagai Karomisinter Divhubinter Polri.

“Telah kami seleksi kesehatan, psikologi, dan kemampuan bahasa. Kemudian kita latih juga mereka bahasa Inggris dan bahasa Prancis, terutama karena di sana adalah misi francophone, dan juga masalah teknik taktik lapangan agar mereka siap untuk di tempat di misi perdamaiaan PBB,” terang Kadivhubinter Polri.

Satgas Garbha FPU 4 MINUSCA telah melewati proses latihan yang panjang dan telah teruji sesuai dengan standar PBB untuk pemberangkatan ke Bangui, Republik Afrika Tengah.

Sementara itu, Ipda Tegar Wijaya S.Tr.K, Kanit Tipidter Sat Reskrim Polres Fakfak mengaku saat dikonfirmasi PapuaStar.com melalui telepon selulernya, mendapat suatu kebanggaan tersendiri lantaran bisa mewakili Polda Papua Barat secara umum menjadi bagian dari Misi Perdamaian PBB Satgas Garuda Bhayangkara FPU 4 MINUSCA di daerah konflik, Bangui, Afrika Tengah.

Ipda Tegar Wijaya S.Tr.K, berharap dirinya dapat menjadi motivasi bagi putra/putri Papua Barat lainnya untuk membantu menciptakan perdamaian di dunia internasional,” tutur mantan Kanit 1 Sabhara Polres Manokwari, Selasa (30/08/2022).

“Mantan Ketua Tim Dragon Polres Manokwari katakan, Kita harus membuktikan bahwa meskipun kita di ujung timur Indonesia kita mampu bersaing dengan ratusan ribu polisi lainnya yg terpilih melalui seleksi yang ketat.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *