Jakpidmil Beri Edukasi Hukum Bagi Prajurit Fasharkan TNI-AL Manokwari

oleh -349 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer Laksda TNI Anwar Saadi melaksanakan kunjungan kerja dan tatap muka di Fasharkan TNI Angkatan Laut Manokwari. Acara tatap muka itu berlangsung di gedung Serba Guna Fasharkan Manokwari.

Dalam acara tatap muka bersama personel Fasharkan TNI Angkatan Laut di Manokwari, Laksa TNI Anwar Saadi berpesan agar para personel dalam menjalankan tugas harus penuh tanggung jawab dan takut oleh Sang Pencipta. Dirinya percaya niat untuk melakukan kesalahan akan dijauhkan dari pribadi masing-masing personel.

Sebab ada konsekuensi sesuai aturan yang berlaku terhadap segala bentuk pelanggaran dan kesalahan yang dibuat oleh prajurit. Bahkan terhadap pelanggaran yang besar pun, seorang prajurit dapat dikenakan sanksi Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PDTH).

Untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran di tingkat prajurit, membutuhkan pemimpin yang mampu memberikan kesejahteraan prajuritnya.

“Dimanapun kita bertugas yang terpenting kalau bahasa sesuai agama saya adalah Istiqomah, lakukan yang terbaik dan yang terpenting jangan sampai kita melanggar hukum. Ini agar kita tetap dalam jalurnya mana tugasnya sebagai prajurit TNI yang harus tunduk pada hukum disiplin militer, mana sebagai PNS yang harus tunduk pada aturan hukum disiplin PNS itu kira-kira begitu,” pesan Laksda Anwar Saadi, Rabu (8/11/2022).

Ditambahkannya kerjasama TNI dengan institusi Kejaksaan sudah berlangsung sejak 2018 silam. Oleh sebab itu, prajurit TNI harus memahami tugas pokok dan fungsi dengan benar. Terutama tidak secara sengaja melakukan pelanggaran.

Sebab tanggung jawab seorang prajurit TNI tidak hanya kepada satuan, namun kepada Tuhan dan keluarga serta masyarakat.

“Saya berada di sini adalah untuk lebih memperkenalkan tentang hukum-hukum tapi kalau sudah kenal jangan sampai kita menjalani hukuman. Karena yang pertama adalah menjaga nama baik kita masing-masing maupun kepada masyarakat dan lingkungan sekitar,” sambung Jaksa Agung Bidang Pidana Militer itu.

Sebelumnya Kafasharkan TNI Angkatan Laut Manokwari dalam sambutannya memberi apresiasi kepada seluruh prajurit yang mengikuti kegiatan tatap muka dan arahan dengan Jaksa Agung Muda Bidang Militer.

Bahwasanya, sambung Kolonel Laut (T) Priyonggo Syamrahmadi berpesan kepada seluruh prajurit untuk mengikuti tatap muka hingga selesai. Karena akan menambah wawasan prajurit tentang hukum dan tentu berdampak pada minimnya pelanggaran yang dilakukan.

“Semoga apa yang Bapak sampaikan nantinya akan memberikan manfaat dan sebagai motivasi kami para prajurit dan PNS Fasharkan Manokwari dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara di tanah Papua khususnya di Manokwari,” pungkas Kafasharkan TNI Angkatan Laut Manokwari.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *