Koarmada III Gelar Latihan Kesiapsiagaan di Lapangan Menghadapi Ancaman Bencana Tsunami

oleh -153 Dilihat

SORONG, PapuaStar.com – Latihan Operasi Penanggulangan Bencana Tahun 2022 yang digelar oleh Koarmada III, telah memasuki Tahap Manuver Lapangan di Perairan Sorong dan Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, Jumat (08/07/2022).

Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasional Alutsista dan pendukungnya dalam mengantisipasi, menghadapi dan menanggulangi ancaman bencana alam.

Latihan tersebut melibatkan Unsur KRI Koarmada III, Pesawat Udara CN 235 dan Heli HU-4207 TNI AL, Sea Rider Kopaska Koarmada III, Tim Satkpaska dan Dislambair Koarmada III.

Selain itu juga melibatkan pendukung lainnya seperti ; BMKG, BPBD, Polres Sorong , Kodim Sorong, Dinkes, Dinsos dan Dishub Kota Sorong.

Kegiatan disimulasikan dengan terjadinya gempa bumi berkekuatan 7.0 SR hingga mengakibatkan bangunan di Kota Sorong banyak yang roboh.

Sementara itu, menurut data BMKG, gempa tersebut berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Alhasil hanya beberapa menit pasca gempa, telah terjadi Tsunami yang menyapu Pulau Soop dan Pulau Doom.

Menyikapi hal itu, Pangkoarmada III memerintahkan untuk membentuk Satgas dan segera melaksanakan patroli dengan menerbangkan Pesawat Udara CN 235 guna menyisir sekitar Perairan Sele dalam rangka mencari korban akibat Tsunami.

Sementara itu Heli HU-4207, KRI Teluk Weda-526, KRI Albakora-867 dan Kapal Instansi Pemerintah, Kapal SAR di sepanjang Perairan Sele, melaksanakan evakuasi warga sekitar Pulau Soop dan Pulau Doom untuk dibawa menuju Posko di Mako Koarmada III.

Selanjutnya dilaksanakan penanganan medis lebih lanjut, bantuan sosial dan proses rehabilitasi, dan jika ada penanganan lebih lanjut terkait kondisi kesehatan, dilaksanakan evakuasi menuju RS-AL Oetojo via udara dengan HU-4207 dan via darat dengan mobil ambulan.

Penduduk yang diungsikan di Posko Mako Koarmada III, diberikan bantuan Kesehatan dan diberikan dukungan makanan dari Dapur Umum yang disiapkan Satgas Penanggulangan Bencana.

Pelaksanaan manuver Lapangan pada Latihan Penanggulangan Bencana TA. 2022 tersebut, dapat terlaksana dengan aman dan lancar yang diakhiri dengan pelaksanaan Kaji Ulang dan Evaluasi di Gedung Serba Guna Mas Pardi Mako Koarmada III.

Pada bagian lain diakhir kegiatan tersebut dilaksanakan Briefing Akhir Latihan Penanggulangan Bencana Koarmada III TA. 2022 di Gedung Serba Guna Mas Pardi Mako Koarmada III.

Pangkoarmada III dalam sambutan yang dibacakan Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho mengatakan, bahwa pelaksanaan acara Briefing Akhir Latihan ini, merupakan tahap akhir dari rangkaian latihan yang dilaksanakan mulai tanggal 4 Juli sampai dengan tanggal 8 Juli 2022, dimulai dengan kegiatan penyiapan, TFG, apel gelar, manuver lapangan dan kaji ulang.

Dengan berakhirnya Latihan ini, Pangkoarmada III meyakini bahwa pengetahuan dan keterampilan para Prajurit, Satuan di Jajaran Koarmada III dan Instansi terkait yang terlibat telah meningkat, khususnya dalam melaksanakan penanggulangan bencana sesuai dengan prosedur yang berlaku guna mewujudkan kesiapsiagaan tanggap bencana.

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada III menyampaikan ucapan terima kasih kepada Lembaga BMKG, BPBD, Kantor SAR, KPLP Sorong, Tim Penilai dan Penyelenggara Latihan atas kerja sama dan kerja kerasnya sehingga latihan ini dapat berjalan dengan baik sesuai yang direncanakan.

Hadir pula pada Briefing Akhir tersebut, yaitu Kapoksahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yohanis Yulius Tamoni, Pejabat Utama Koarmada III serta Pejabat Instansi terkait yang terlibat dalam Latihan Operasi Penanggulangan Bencana TA 2022.(rls/PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *