Manokwari Alami Cuaca Panas Hingga Awal April

oleh -176 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Manokwari menyatakan hingga awal bulan April akan terjadi cuaca Panas di Manokwari hingga 34° Celcius.

Kepala BMKG Manokwari Daniel Tandi menjelaskan, seharusnya di bulan Maret ini masih terjadi cuaca Hujan. Namun yang menyebabkan terjadinya suhu udara yang cukup panas dikarenakan adanya pergeseran Matahari.

“Lebih lanjut Tandi menjelaskan, semakin tingginya suhu udara, makin banyak uap air laut yang dikandungnya maka akan terjadi hujan lokal cukup deras hanya sesaat saja,” beber Daniel Tandi kepada PapuaStar.com, di Ruang kerjanya Kantor BMKG Manokwari Rendani, Selasa (22/03/2022).

Perlu diketahui, Kata Tandi, dalam satu tahun ada 2 kali pergerakan Matahari berada di sekitar Ekuator pada 21 Maret dan 23 September dampaknya seperti ini yang sekarang dirasakan warga Manokwari.

Suhu udara Panas di Manokwari 33-34° terjadi pada saat menjelang siang dan menjelang Sore hari. Pada awal April suhu udara panas otomatis akan semakin turun.

“Tak hanya itu saja, akan terjadi kecepatan angin 3-20 Knot, dari arah barat daya hingga tenggara,” terang Daniel Tandi.

Sedangkan tinggi gelombang air laut mencapai 0.5 – 1.25 meter atau maksimum 2 meter. Bersyukur dengan adanya pulau Mansinam dan pulau Lemon di Manokwari, jadi tidak secara langsung gelombang air laut langsung menghantam rumah warga yang berada di pesisir pantai.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *