Masjid Baitul Makmur Manokwari, Berbagi Daging Qurban Untuk 502-KK

oleh -137 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Masjid Baitul Makmur Kompleks Irman Jaya, jalan.Kebun Cengkeh, Kelurahan Amban Kabupaten Manokwari kembali bagi-bagi daging kurban untuk warganya.

Pada Idul Adha 10 Julhijjah 1443 Hijriah, Minggu 10 Juli 2022 kali ini, Masjid Baitul Makmur Kebun Cengkeh berhasil menyembelih 11 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Dari 11 ekor sapi dan 1 kambing ini, dikemas masing-masing 2 kilo gram untuk setiap kantong plastik dan terbagi habis untuk 502 kepala keluarga (KK).

Ketua Takmir Masjid Baitul Makmur Kompleks Kebun Cengkeh, Haji Mugiyono, S.Hut., menuturkan, hewan kurban ini dibeli dengan dana yang terkumpul secara sukarela dari para jamaah masjid atau warga sekitar yang ingin beribadah kurban.

“Tahun ini memang ada tingkat kesadaran ummat untuk melakukan ibadah kurban. Banyak harapan dari ummat untuk mendapatkan keberkahan meneladani Nabi Ibrahim Alaihisalam. Mungkin inilah termotivasi sehingga antusias ummat yang beribadah kurban sangat tinggi dari tahun ke tahun,” tutur Mugiyono yang ditemui di halaman Masjid Baitul Makmur usai pembagian daging kurban.

Kemudian kata Mugiyono, dari 11 ekor sapi ini, juga 1 ekor sapi kurban sumbangan dari Bupati Manokwari Hermus Indouw serta 1 ekor sapi dari Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati.

“Alhamdulilah Idul Adha tahun (10 Julhijjah 1443 Hijriah, red) 2022 ini, kita masih bisa motong 11 ekor sapi dan 1 kambing. Sama dengan jumlah tahun lalu. Dari jumlah 11 ekor, 1 ekor sapi sumbangan Bupati Manokwari dan 1 ekor dari Bupati Raja Ampat,” ucap Mugiyono yang juga bertugas menyembelih hewan kurban.

Dan pemotongan hewan kurban ini, lanjutnya, merupakan program rutin pengurus Masjid Baitul Makmur di setiap perayaan Idul Adha yang diawali dengan pembentukan panitia oleh pengurus.

Disebutkan, ratusan daging kurban ini dibagi kepada warga sekitar yang meliputi RT/RW 01/07, 02/07, 03/07 dan RT/RW 01/10, 02/10. Bahkan ada sebagian warga sekitar yang non muslim turut mendapatkan daging kurban ini.

“Hari pertama langsung selesai (Pendistribusian) terbagi. Sebelumnya tadi kita ada masak untuk makan siang bersama dengan panitia dan warga yang ada di sekitar masjid dan itu juga bagian dari rasa kebersamaan,” terang Anggota DPR Papua Barat dari Fraksi PKS ini.

Mugiyono, mengajak ummat muslim untuk mengambil hikmah berkurban yang dimana menyembelih hewan kurban ialah menyembelih rasa memiliki karena pada hakikatnya semua adalah milik Allah SWT.

“Semoga Allah menganugerahkan kita semua sebagaimana kesholehan Nabi Ibrahim Alaihisalam dan keihlasan Nabi Ismail Alaihisalam, Aamiin,” ucap Mugiyono.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *