MRPB Minta Pemkab Mansel Rasionalkan Anggaran Dukung Rekrutmen Tamtama TNI-AD Jalur Otsus

oleh -264 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Barat Maxi Nelson Ahoren menyesalkan pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan dalam menyiapkan alokasi dana untuk rekrutmen Tamtama TNI-AD jalur Otsus tahun 2022.

Hal itu terbukti dalam Rapat Kerja pemerintah provinsi Papua Barat bersama Kodam XVIII/Kasuari, MRP-PB dan Bupati serta Walikota dalam rangka membahas rekrutmen Tamtama TNI-AD jalur Otsus di ruang multimedia lantai III kantor Gubernur Papua Barat, Kamis (6/10/2022) siang.

Maxi kepada wartawan mengungkapkan bahwasanya peningkatan sumberdaya manusia harusnya menjadi prioritas di jajaran pemerintah daerah terutama kabupaten Manokwari Selatan. Disamping prioritas program pembangunan infrastruktur.

Sebab lanjut Ahoren, keberpihakan negara terhadap orang asli Papua dengan memberikan kesempatan bagi putra putri Papua harus dijemput dengan tangan terbuka.

“Mereka hanya menyiapkan di tahun 2023. Maka kalau demikian tahun 2022 ini kuota untuk Manokwari Selatan tidak dapat kuota. Saya pikir ini tidak bisa, kalau hanya 12 kabupaten/kota yang bisa sementara Mansel tidak,” tandas Ahoren usai mengikuti Raker Otsus.

Program prioritas pembangunan tidak hanya dimiliki oleh kabupaten Manokwari Selatan, namun secara nasional setiap daerah memiliki program pembangunan prioritas mulai dari infrastruktur maupun sumberdaya manusia.

Namun lagi-lagi, Maxi mengatakan pembangunan sumberdaya manusia harus menjadi yang utama kemudian diikuti dengan pembangunan infrastruktur. Sehingga kedepan tidak menjadi polemik ditengah masyarakat terutama putra putri Papua yang hak kesulungannya wajib diperjuangkan.

Setelah ada dalam diskusi panjang, kabupaten Manokwari Selatan untuk rekrutmen Tamtama TNI-AD jalur Otsus mendapat kuota sebanyak 19 orang. Sayangnya jika kesempatan tersebut tidak diterima.

“Saya berharap Mansel juga masuk. Karena kalau tidak maka kuota 19 orang ini hilang. Seharusnya bagaimana kita bisa perjuangkan ini, jangan sampai putra putri kita kembali menjadi penonton. Jadi suka atau tidak suka, apapun caranya alokasi ini harus dipenuhi,” ujar Ketua MRP Papua Barat itu.

Meski demikian, Ketua MRP Papua Barat memberi apresiasi kepada kabupaten/kota lainnya yang telah menyiapkan anggaran untuk rekrutmen Tamtama TNI-AD jalur Otsus tahun 2022 ini.

“Dari penyiapan anggaran tadi kami berterimakasih karena semua kabupaten/kita responnya baik,” tutup Ahoren.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *