Pemkab Manokwari Bahas Ranperbup Tentang Ganti Rugi Tanaman Tumbuh

oleh -180 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Rencana pembangunan infrastruktur di wilayah kabupaten Manokwari kini mulai digarap. Guna mengantisipasi permasalahan dalam hal ganti rugi tanaman tumbuh kedepannya, pemerintah kabupaten Manokwari tengah membahas Rancangan Peraturan Bupati Manokwari tentang Penetapan Harga Dasar Ganti Rugi Tanaman Tumbuh Akibat Adanya Kegiatan Pembangunan Maupun Kegiatan Lainnya Dalam Kabupaten Manokwari.

Pembahasan itu dilaksanakan di aula Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan kabupaten Manokwari yang dipimpin Asisten I Setda Manokwari Wanto, Senin (25/7/2022).

Dalam arahannya, Asisten I Setda Kabupaten Manokwari Wanto mengatakan bahwa hingga kini penetapan besaran ganti rugi untuk tanaman tumbuh masyarakat masih menggunakan Keputusan Kepala Dinas dan itu sangat tidak kuat dasar hukumnya. Oleh karena itu, pertemuan ini akan menjadi batu loncatan pada Rancangan Peraturan Bupati sebagai landasan hukum saat pelaksanaan pembangunan diwilayah kabupaten Manokwari.

“Berkaitan dengan itu rencana bapak Bupati merubah kota Manokwari ini seperti jalan diperlebar, maka dibutuhkan payung hukum terkait penetapan ganti rugi tanaman tumbuh. Artinya tanaman yang ditanam manusia dan tumbuhan yang tumbuh secara alami,” ungkap Wanto, Senin (25/7/2022).

Selanjutnya Wanto berharap pertemuan itu akan menghasilkan kesepakatan yang rasional kepada masyarakat. Sehingga tidak ada yang dirugikan maupun secara sepihak memberikan nilai ganti rugi yang tidak wajar.

“Oleh karena itu kita harus boboti ini sesuai nilai dasar yang telah dirasionalkan oleh bidang teknis pada Dinas Pertanian, sehingga kita mendapatkan nilai untuk diberlakukan dalam Perbup ini, agar masyarakat tidak dirugikan tapi juga masyarakat tidak bisa menuntut seenaknya,” pungkasnya.

Pertemuan yang dihadiri instansi teknis dan para kepala Distrik itu, dilanjutkan dengan penyampaian rekomendasi nilai ganti rugi tanaman tumbuh oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Manokwari Bob Pattikawa.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *