Pemkab Manokwari dan Forkopimda Sepakat Menandatangani Komitmen Implementasikan Program Kota Cerdas

oleh -4226 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari bersama Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) menandatangani Komitmen Implementasi Program Kota Cerdas oleh Dewan Smart City pada Kegiatan Bimbingan Teknis Tahap IV Penyusunan Masterplan Smart City, di Sasana Karya Kantor Bupati Manokwari, Selasa (17/10/2023).

Penandatanganan komitmen itu, dipimpin Langsung oleh Bupati Manokwari Hermus Indou, bersama Sekda Kabupaten Manokwari Henri Sembiring dan pimpinan OPD Pemkab Manokwari hingga pihak swasta.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manokwari Bondan Santoso melaporan, penyelenggaraan dan progres kegiatan bimbingan teknis penyusunan masterplan kota cerdas dan quick win program unggulan Kabupaten Manokwari tahun 2023.

“Kegiatan bimbingan teknis ini telah dilaksanakan sejak bulan Juli 2023 yang lalu dibagi menjadi 4 tahap yaitu, yang di dilakasanakan sejak awal Agustus hingga Oktober 2023,” tuturnya.

Perlu diketahui bersama, bahwa penyelenggaraan penyusunan master plan kota cerdas Kabupaten Manokwari adalah hasil implementasi dari Nota Kesepakatan tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas Kabupaten Manokwari Tahun 2023 yang telah ditandatangani bersama oleh Bupati Manokwari dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Tahun 2022.

Dengan ditandatanganinya nota kesepakatan ini maka Kabupaten Manokwari menjadi bagian dari kegiatan Gerakan Menuju Smart City yang telah digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia sejak 2017.

Disebutkan Bondan, rencana aksi dalam setiap dimensi kota cerdas sebagaimana yang yang terdapat dalam Buku 2 Masterplan Smart City.

Bondan merincikan rencana Aksi dalam dimensi Smart Governance, yaitu : program/Kegiatan Pengembangan sisitem informasi pelayanan publik berbasis ketunggalan identitas.

Kemudian, Rencana Aksi dalam dimensi Smart Branding, diantaranya adalah Program/Kegiatan Meningkatkan jumlah desa wisata Peningkatan Potensi Wisata Alam.

Bupati Manokwari Hermus Indou menuturkan, Kota cerdas adalah konsep menggabungkan inovasi, teknologi, partisipasi masyarakat dan pembangunan berkelanjutan.

“Ini tentang menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi warga kita dengan pelayanan publik yang baik dan efisien, lingkungan yang bersih dan ekonomi lebih inklusif,” ujar mantan Ketua KNPI Papua Barat.

Komitmen implementasi, program kota cerdas ini menjadi momentum yang sangat berarti, untuk merancang masa depan Kabupaten Manokwari menuju arah yang lebih cerdas.

“Menjadi langkah awal yang sangat penting pedoman dalam menggagas dan mengimplementasikan berbagai program dan inisiatif berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat memperkuat sektor ekonomi meningkatkan pelayanan publik serta menjaga keberlanjutan lingkungan,” terang mantan Kabiro Kesra Papua Barat.

Diharapkan kepada para narasumber dan peserta, dapat saling berbagi pengetahuan pengalaman dan wawasan dalam mengembangkan konsep kota cerdas, berpikir kreatif dan berani bercita-cita besar untuk kemajuan daerah ini yang relevan dengan adanya potensi di Manokwari.

Hermus Indou menyampaikan Terimakasih kepada kementerian dari sekian banyak kota, Manokwari dipilih dalam prioritas pemerintah kota cerdas di seluruh Indonesia,” tandasnya.(PS-06)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *