Pemkab Manokwari Sosialisasikan Pengembangan Jalan, Bupati : Masyarakat Harus Dukung

oleh -149 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Proses pengembangan beberapa ruas jalan dalam kota Manokwari akan segera dilakukan pengerjaannya. Oleh sebab itu, pemerintah kabupaten Manokwari mulai mensosialisasikannya kepada masyarakat, agar dalam proses pembebasan lahan hingga pengerjaan nantinya tidak terdapat masalah.

Bupati Manokwari Hermus Indou mengatakan bahwa penyediaan infrastruktur merupakan jabaran dari visi pemerintah daerah yang harus didukung oleh masyarakat. Jika tidak demikian, maka visi tersebut hanyalah sebuah wacana yang tidak akan terwujud.

Dalam pengamatannya, Hermus mengaku infrastruktur modern di Manokwari masih tertinggal jauh dengan daerah lain bahkan daerah tetangganya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Manokwari belum mencapai kemajuan. Bahkan beberapa kabupaten lain yang lahir dari kabupaten Manokwari infrastrukturnya lebih berkembang pesat dibanding Manokwari sebagai kabupaten induk.

“Kenapa demikian, karena Manokwari masih dominan dengan banyak kawasan kumuh. Hampir seluruh pantai tidak ada yang baik, penuh dengan sampah dan kawasan pemukiman kumuh. Tentu ini menjadi tanggungjawab kita sebagai pemerintah untuk membebaskan masyarakat dari kondisi ini,” tandas Bupati Hermus Indou, Senin (23/5/2022).

Diakuinya pula bahwa infrastruktur jalan di kota Manokwari saat ini sudah tidak layak untuk dipertahankan, sehingga membutuhkan pengembangan yang lebih modern agar mampu mengurai kemacetan dan mengurangi resiko kecelakaan. Sebab semakin hari pertumbuhan penduduk dibarengi dengan kebutuhan kendaraan bermotor semakin melaju pesat.

Dari kondisi infrastruktur yang tidak sebanding dengan pertumbuhan penduduk dan kendaraan bermotor dewasa ini, maka pemerintah kabupaten Manokwari akan segera melakukan pengembangan beberapa ruas jalan.

Ini sehubungan dengan Manokwari sebagai pusat peradaban orang asli Papua dan Ibu Kota Provinsi Papua Barat harus lebih menonjolkan dirinya. Tidak harus berada dalam situasi dan kondisi yang dipenuhi oleh kawasan pemukiman kumuh.

Kota yang modern tentunya akan berdampak pada berbagai segi kebutuhan diantaranya investor dan kunjungan wisatawan.

“Karena itu kami akan lakukan perubahan infrastruktur. Karena kemajuan suatu kota menggambarkan kualitas masyarakat didalamnya dan siapa yang memimpin. Oleh karena itu memodernisasi kota wajib hukumnya untuk dilakukan oleh pemerintah daerah dan didukung oleh masyarakat,” sambungnya lagi.

Penataan infrastruktur bukan hanya terpusat pada pengembangan jalan, namun pemerintah daerah juga akan menata infrastruktur lainnya seperti jembatan, air bersih, listrik, penerangan jalan umum dan telekomunikasi.

Adapun beberapa ruas jalan yang sangat prioritas untuk dibangun tahun 2022 ini adalah ruas jalan Sujarwo Condronegoro menuju pertigaan Sahara hingga ke Samsat Provinsi Papua Barat. Selain itu dari kantor Dukcapil Kabupaten Manokwari menuju ke ruas jalan Trikora Wosi tepatnya di seputaran Hotel Fajaroon dan menembus laut. Ruas jalan Haji Bauw menuju jalan Pahlawan juga akan dibuka. Sama halnya dengan jalan Pasir yang akan dikembangkan kearah pantai ditahun 2024 mendatang. Selain itu ruas jalan dari Sarina menuju Susweni juga akan dikembangkan.

“Saya sudah survei sampai Wapramasi dan Pantura, jadi semua jalan yang akan dibangun harus terpetakan supaya diajukan secara berjenjang hingga ke Kementerian terkait,” tutup Hermus Indou.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *