Peringati HUT TNI-AL Ke-77, Rumkital Dr.Azhar Zahir Manokwari Gelar Bhakti Sosial

oleh -214 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Bakti Sosial Kesehatan dalam rangkaian acara Memperingati HUT TNI-AL ke-77 Tahun 2022 Donor Darah, dilaksanakan Khitanan Massal, Pembersihan Plak dan Karang Gigi di Rumkital dr. Azhar Zahir Manokwari, Selasa (06/09/2022).

Dengan tema ” TNI-AL yang Profesional, modern, tangguh siap mensukseskan Indonesia Pulih Lebih Cepat, bangkit lebih kuat, dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia secara virtual.

Dilangsungkan Donor Darah di ruang ICU, Khitanan Massal di ruang MCU dan Pembersihan plak dan Karang Gigi di ruang Poli Gigi dan mulut Rumkital dr. Azhar Zahir Fasharkan Manokwari Jln. Serma Suwandi No. 1 Sanggeng Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat.

Kafasharkan TNI-AL Manokwari, Kolonel Laut (T) Priyonggo Syamrahmadi S.Ak.,M.Tr.Opsla.,CIQnR mengatakan, bakti sosial yang diselenggarakan kali ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka hari ulang tahun ke 77 TNI angkatan Laut pada tanggal 10 September Tahun 2022.

“Dikatakan kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan kali ini terdapat tiga kegiatan yang berjalan bersamaan antara lain khitanan massal diikuti 60 anak donor darah yang akan diikuti oleh 200 pendonor dan scaling gigi yang diikuti oleh 50 peserta,” terang Kafasharkan TNI-AL Manokwari, Selasa (06/09/2022).

Khitanan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh laki-laki selain mengurangi risiko infeksi menular seksual terdapat manfaat lain seperti mencegah penyakit pada organ kemaluan laki-laki dan salurannya mengurangi resiko kanker penis dan mengurangi resiko kanker serviks pada pasangannya khitan aman dilakukan pada usia berapapun karena memiliki manfaat yang besar.

“Lebih lanjut Priyonggo Syamrahmadi mengatakan, Stok darah yang ada pada kantor PMI Papua Barat maupun kabupaten Manokwari memiliki keterbatasan dalam pemenuhan kebutuhan kantong darah di fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Manokwari.

“Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat mendatangkan manfaat dan memulai gerakan aktif masyarakat Manokwari agar rutin pertiga bulan mendonorkan darahnya bagi yang memenuhi persyaratan donor yang telah ditentukan oleh palang merah Indonesia darah yang ada pada kita memiliki hak untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan,” bebernya.

Sedangkan Kesehatan gigi dan mulut seringkali diabaikan oleh masyarakat rendahnya kesadaran dalam merawat kesehatan gigi mulut merupakan salah satu penyebab dari penyakit gigi dan mulut pada masyarakat Indonesia prevalensi gigi berlubang pada anak usia dini sangat tinggi 93% dan hanya 7% anak yang bebas dari masalah gigi berlubang.

“Dikarenakan itu sangat perlu untuk mulai melakukan tindakan pencegahan gigi berlubang sejak dingin,” papar Kafasharkan Manokwari.

 

Priyonggo Syamrahmadi menambahkan, kegiatan bakti sosial kesehatan kali ini diharapkan dapat membantu masyarakat Manokwari dalam memelihara kesehatan diri dan semoga kegiatan-kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

Perlu diketahui Hasil dari pelaksanaan Donor Darah, Khitanan Massal, Pembersihan Plak dan Karang Gigi adalah sebagai berikut :

Donor Darah

1). Pendaftar : 81 Orang

2). Gagal/Batal : 1 Orang

3). Berhasil : 80 Orang

Khitanan

1). Pendaftar : 53 Orang

2). Gagal/Batal : 1 orang

3). Berhasil : 52 Orang.

Pembersihan Plak dan Karang Gigi

1). Pendaftar : 54 Orang.

2). Gagal/Batal : 33

3). Berhasil : 51 Orang.

Turut hadir dalam Bhakti Sosial ini adalah : Kafasharkan TNI-AL Manokwari Kolonel Laut (T) Priyonggo Syamrahmadi,S.Ak.,M.Tr.Opsla.,CIQnR, Lettu Laut (K) drg. Marapandi Cakra, Lettu Laut (K) dr. Wismoyo, Para petugas medis Rumkital dr. Azhar Zahir Fasharkan Manokwari, Ketua Ikaswara Suyanto,S.H.  H. Yusran Mahdani Kepala PMI Kab. Manokwari, Edo Eriyan Masinis I KM. Kumba Karena dan Para Pengurus Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIV Daerah Armada III.

Peserta yang mengikuti Donor Darah dari : Kodam XVIII /Kasuari 20 orang, Kodim 1801/BS Manokwari 15 orang, Polda Papua Barat 15 orang, Polres Manokwari 15 orang, Satbrimob Polda Papua Barat 15 orang, KSOP Klas IV Manokwari 15 orang, KKP kelas III Manokwari 10 orang, Basarnas Manokwari 15 orang, Pelindo 10 orang, BPPOM Manokwari 15 orang, IKASWARA 8 orang dan Masjid Ridwanul Bahri 32 orang.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *