Polda Papua Barat Deklarasi Pemilu Damai 2024

oleh -252 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Polda Papua Barat menggelar deklarasi pemilu damai 2024, di Alun – alun kabupaten Aimas Provinsi Papua Barat Daya, Sabtu (28/10/2023).

Deklarasi pemilu digelar bertujuan membangun komitmen untuk menciptakan pemilu damai, aman dan berkualitas di wilayah itu.

Deklarasi ini menggandeng Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya, TNI/Polri, KPU, Bawaslu, Pimpinan Partai dan seluruh lapisan masyarakat.

Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga,S.H,M.A mengatakan, deklarasi ini tujuannya adalah membangun komitmen bersama untuk menjaga pemilu damai, tenang sehingga masyarakat bisa menikmati pesta demokrasi itu.

“Kita ambil janji dan komitmen bersama agar supaya memastikan pemilu itu berlangsung damai dan aman di wilayah Papua Barat Daya dan Papua Barat,” jelas Kapolda Papua Barat.

Di dalam deklarasi itu, kata Silitonga, ada sebuah sikap yang dibangun untuk siap menjaga keutuhan NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 1945, siap menyukseskan pemilu tahun 2024 di wilayah Provinsi Papua Barat Daya yang berintegritas, aman, damai dan demokratis.

Selain itu, siap tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta menolak segala bentuk kebencian, berita hoaks, isu sara, politisasi agama dan identitas.

Selain itu, siap mendukung sinergitas dan solidaritas TNI/Polri, Pemda, lembaga penyelenggara pemilu dan seluruh elemen masyarakat yang berlandas pada nilai Bhineka Tunggal Ika demi terciptanya kondusifitas Kamtibmas di Papua Barat Daya.

“Namanya pesta demokrasi, maka kita harus pastikan pesta itu harus berjalan damai, aman dan kondusif, agar pemimpin yang terpilih nantinya pun bisa menjadi pribadi yang benar-benar berkualitas,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol. Adam Erwindi,S.I.K.,M.H. mengatakan, deklarasi ini diinisiasi oleh Kapolda Papua Barat, Irjen pol Daniel Tahi Monang Silitonga.

“Dengan adanya deklarasi pemilu damai itu diharapakan dari berbagai pihak ikut menjaga kondisi pemilu 2024 berjalan damai, aman dan kondusif di wilayah Papua Barat Daya dan Papua Barat,” ucap mantan Kapolres Manokwari.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *