Seminggu Jabat Kasat, IPDA Rizki Komitmen Berantas Narkoba Hingga ke ‘Akar Rumput’

oleh -202 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Kasat Narkoba Polres Manokwari IPDA Rizki dengan tegas memberi atensi kepada para orang tua dan masyarakat Manokwari secara umum agar tidak coba-coba untuk menggunakan maupun mengedar narkotika. Atensi tersebut sekaligus menjadi misi besarnya setelah dipercayakan menjabat Kasat Narkoba menggantikan Iptu Masudi.

Dimasa tugasnya yang baru menjelang sepekan ini, IPDA Rizki bersama anggotanya tengah membangun jaringan guna mengungkap peredaran dan penyalahgunaan narkotika di wilayah hukum Polres Manokwari.

Dirinya berkomitmen untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkotika hingga ke akar-akarnya. Menurutnya, dampak penyalahgunaan narkotika sangat berakibat buruk terhadap masa depan generasi muda.

Diakuinya, tidak sedikit generasi muda telah terkontaminasi dengan narkotika. Ironisnya lagi, anak dibawah umur yang seyogianya masih mendapatkan pendidikan, terpaksa harus putus sekolah bahkan melakukan tindak kriminalitas akibat sudah dipengaruhi oleh narkotika.

“Fokus saya yaitu narkoba karena saya paling pantang barang itu. Karena saya pernah temukan anak dibawah umur sudah pakai narkoba. Jadi soal narkoba akan saya ungkap sampai ke akar-akarnya. Ini misi saya,” tandas Kapolres Manokwari melalui Kasat Narkoba, IPDA Rizki, Selasa (01/3/2022).

Dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkotika, menurut IPDA Rizki, harus ada kerjasama berbagai komponen terlebih dari masyarakat. Dirinya pun tidak segan-segan untuk menindak oknum yang sengaja melindungi para mafia narkoba.

“Semua bisa dilakukan apabila adanya kerjasama yang baik dari seluruh pihak. Paling penting itu dari masyarakat, jika mengetahui informasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekitar, bisa laporkan ke kami. Selanjutnya kami yang akan lidik. Jangan ada yang melindungi, karena kalau ada yang melindungi pasti saya akan tindak,” sambungnya

Demikian juga masalah minuman keras (Miras). Yang mana dikatakan IPDA Rizki bahwa pihaknya sangat membutuhkan informasi dari berbagai sumber, agar semua yang berkaitan dengan penyakit masyarakat ini dapat diberantas.

“Sama halnya dengan minuman keras. Saya akan orientasi di lapangan. Tentu informasi awal saya butuh, jdi masyarakat jika ada yang mengetahui tolong laporkan dan pasti kita tindaklanjuti,” kata IPDA Rizki.

Perlu diketahui bahwa penyalahgunaan narkotika, miras dan lem Aibon sangat berpengaruh kepada masa depan generasi muda yang berdampak pada tindakan kriminalitas.

“Saya berpesan semua orang tua dapat lebih fokus untuk mengontrol aktivitas anak dalam pergaulan di luar rumah. Sebab fungsi kontrol keluarga secara umum dan orang tua khususnya sangat penting dalam mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba, miras dan lem Aibon bagi anak-anak,” tutup Kasat Narkoba Polres Manokwari itu.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *