Tekat Orgenes Wonggor Memajukan Petani Kopi Pegaf Adanya Pendampingan, Panen Hingga Produktivitas 

oleh -193 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Guna memaksimalkan potensi kopi di Pegunungan Arfak (Pegaf) Ketua DPR Papua Barat Orgenes Wonggor terus berupaya menjawab aspirasi masyarakat dan mendukung petani dengan cara memberikan bantuan bibit Kopi sebanyak 15.000 yang akan ditanam di lahan 15 hektar.

“Dikatakan Wonggor, hingga disiapkan adanya pendampingan para petani hingga panen guna meningkatkan produktivitas dan mampu memaksimalkan keuntungan petani kopi,” tuturnya kepada sejumlah wartawan di Pegunungan Arfak, Jumat (09/12/2022).

Karena Kopi merupakan komoditas unggulan bagi sektor perkebunan dan terkenal kualitas kopi Pegunungan Arfak telah mendunia.

“Lebih lanjut Ketua DPR Papua Barat mengatakan, Kopi memiliki peran yang krusial terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan kopi telah berkontribusi sebagai pendorong pendapatan petani serta kopi sumber devisa negara, penghasil bahan baku industri, hingga penyedia lapangan pekerjaan,” terang Ketua Partai Golkar Pegunungan Arfak.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Papua Barat Dr. Aser Rouw menuturkan, bibit kopi disiapkan sebanyak 15.000, semua bibit ini bisa ditanam di lahan seluas 15 hektar, Prosesnya Dua tahun sudah bisa keluar buah biji Kopi.

“15.000 Bibit kopi sudah mulai pembenihan dan bibit kopi ini di bawa dari wamena. Paling tidak pada bulan Mei 2023 sudah bisa dilakukan penanaman,” jelasnya.

Sementara itu, Salah Satu Petani dari Kampung Agra Edison Ullo sampaikan terimakasih atas pemberian bibit sayuran dan bibit kopi.

“Masyarakat sangat membutuhkan sekali bibit ini guna mengembangkan pertanian. Jadi kami sampaikan Terima kasih,” ucapnya.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *