TP-PKK Kabupaten Manokwari Gerak Cepat Tangani Masalah Stunting

oleh -228 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Tim Penggerak PKK Kabupaten Manokwari akan melaunching pilot projek penanganan Stunting. Sebagai pilot project-nya TP-PKK memilih kelurahan Sowi dengan jumlah anak yang mengalami Stunting kurang lebih ada 30 orang. Hak itu disampaikan Ketua TP-PKK Kabupaten Manokwari Ny. Febelina Indou, Senin (17/10/2022).

Dalam penanganan masalah Stunting, TP-PKK Kabupaten Manokwari akan menggandeng Dasawisma yang ada di wilayah masing-masing.

Ny. Febelina Indou mengaku di masing-masing Dasawisma telah dipilih 3 orang perwakilan kader yabg bertugas nantinya untuk mengurusi anak dengan masalah Stunting.

“Soal penanganan Stunting kami TP-PKK dan Dasawisma telah menyiapkan 3 orang kader dari masing-masing Dasawisma yakni Kader Posyandu, Kader PAUD dan Kader PKK,” beber Ketua TP-PKK Kabupaten Manokwari Ny. Febelina Indou.

Dari ketiga kader tersebut Kader Posyandu yang akan lebih berperan aktif dalam penanganan Stunting. Ny Febelina Indou mengaku terdapat sedikitnya 15 posyandu tersebar di Manokwari. Adapun jumlah anak yang mengalami masalah Stunting juga telah didata. Sehingga untuk percobaan penanganan Stunting pertama kalinya dilakukan di Kelurahan Sowi.

Nantinya tugas kader posyandu yakni melayani anak dengan masalah stunting untuk makan dan minumnya sesuai kebutuhan gizi.

“Kelurahan Sowi sendiri ada 30 anak Stunting dan kami sudah pemeriksaan selama 2 kali. Ahli gizi di puskesmas juga sudah menyusun menu mereka sesuai kebutuhan gizi anak masing-masing,” sambung Ny. Febelina.

Untuk percobaan penanganan Stunting ini akan dilaksanakan selama 3 bulan kedepan. Selanjutnya Ny. Febelina Indou berharap ada partisipasi dari masing-masing OPD dalam penanganan masalah Stunting ini.

Tentunya penanganan masalah Stunting ini sangat penting khususnya bagi generasi anak bangsa sehingga dapat bertumbuh dan melaksanakan aktivitasnya seperti anak-anak lain pada umumnya.

“Dari pilot project kami ini diharapakan penanganan selama 3 bulan kedepan. Jika ini berhasil kami akan usulkan kepada pemerintah daerah untuk dianggarkan ke semua dinas dan berkolaborasi untuk memastikan jumlah Stunting di wilayah masing-masing. Sehingga masalah Stunting ini bisa ada progresnya,” tutup Ketua TP-PKK Kabupaten Manokwari.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *