Upacara Renungan Suci Awali Detik-detik Proklamasi di Manokwari

oleh -79 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Renungan suci merupakan rangkaian peringatan hari Kemerdekaan Indonesia sebagai bentuk penghormatan bagi para pejuang bangsa.

Bertempat di Taman Makam Pahlawan Trikora Manokwari, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, memimpin jalannya upacara renungan suci, Senin 16 Agustus 2021 Pukul 23.30 WIT. Renungan suci berlangsung kurang lebih 20 menit itu, di hadiri Gubernur Papua Barat, Wakil Gubernur Papua Barat, Kapolda Papua Barat, Kepala BNNP Papua Barat, dan unsur forkopimda.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan naskah renungan malam oleh Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan bangsa yang telah bersemayam di TMP Trikora Manokwari, dengan rincian TNI sebanyak 99 orang, pegawai sipil 10 orang, pejuang rakyat 8 orang, dan pahlawan tidak dikenal sebanyak 2 orang.

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, menyatakan hormat atas keikhlasan, kesucian dan pengorbanan sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa.

Perjuangan yang dilakukan para pahlawan merupakan perjuangan bersama yang ditempuh adalah untuk penerus saat ini.

Renungan suci biasanya dilakukan setiap tahun pada tanggal 16 Agustus malam. Acara tersebut merupakan penghormatan kepada para pahlawan yang juga menandai dimulainya detik-detik Proklamasi, yang akan diperingati tepat pada pukul 10.00 WIT, yang rencananya akan berlangsung di kantor Gubernur Papua Barat di Arfai.

Data yang diperoleh, pasukan yang hadir dalam upacara renungan suci itu yakni Kodam XVIII/Kasuari, Polda Papua Barat, Fasharkan TNI AL, Brimob, Basarnas, KNPI, PNS, dan Korsik. (PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *