DPR Papua Barat dan Pemprov Sepakati Pekan Ini Pembahasan Rapat APBD 2024

oleh -3421 Dilihat

MANOKWARI, Papua star.com – DPR Papua Barat bersama Pemerintah Provinsi Papua Barat sepakati pekan ini pembahasan rapat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk tahun 2024.

Plt.Sekda Papua Barat, Dr. Ir. Jacob Fonataba mengatakan, pemerintah daerah tentu sangat memperhatikan kebutuhan masyarakat dan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup melalui alokasi anggaran tepat.

 

“Proses konsultasi ini diharapkan dapat menghasilkan keputusan yang lebih inklusif dan mencerminkan aspirasi masyarakat Papua Barat,” jelasnya kepada sejumlah wartawan, di Kantor Gubernur Papua Barat, Senin (20/11/2023).

Dijadwalkan 22 – 24 November dan sudah penetapan APBD 2024, mengingat waktu kalender sedemikian mepet sekali dan tak bisa terlambat.

“Kini telah di ajukan lagi ke pemerintah pusat, seperti APBD perubahan lama baru keluar,” terang Jacob Fonataba.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Papua Barat ini menekankan pentingnya partisipasi langsung pimpinan OPD dalam proses pembahasan APBD.

“Yacob Fonataba berharap kepada seluruh pimpinan OPD lingkup Papua Barat, dapat memberikan penjelasan yang mendalam terkait rencana dan prioritas program kerja serta penggunaan anggaran di masing-masing unit organisasi,” tegasnya.

Hal ini bertujuan untuk menciptakan pemahaman lebih baik di antara para legislator tentang kebutuhan dan pencapaian yang diharapkan dari setiap OPD.

“Keputusan ini juga diakui sebagai langkah positif menuju transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah,” ucapnya.

“Tujuannya agar pimpinan OPD Papua Barat dapat menyesuaikan hearing, saat sidang wajib hadir. Kalau ada panggilan bersifat urgen mohon disampaikan kepada pimpinan dalam hal ini Gubernur atau Sekda,” tandas Yacob Fonataba.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *