Serentak Distrik Manokwari Barat, Timur dan Selatan Laksanakan Musrenbang ini Pesan Wabup

oleh -140 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Guna memberikan wahana untuk mensinergikan dan menyepakati prioritas usulan-usulan masalah yang berasal dari masyarakat tingkat kampung dan distrik, maka pemerintah kabupaten Manokwari melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat distrik dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 mendatang.

Bupati Manokwari dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Edi Budoyo bahwa fokus pembangunan jangka menengah oleh pemkab Manokwari tahun 2023 akan diprioritaskan pada sejumlah aspek seperti peningkatan kualitas SDM dibidang pendidikan dan kesehatan, pembinaan penduduk miskin, penguatan ekonomi kreatif, budaya serta penguatan akses informasi dan pembinaan kesejahteraan masyarakat melalui kerjasama pihak ketiga.

Fokus pembangunan itu kata Budoyo tentu harus ditunjang oleh infrastruktur yang memadai. Dengan demikian, visi pemerintah kabupaten Manokwari akan terjawab.

“Fokus pembangunan pada tahun 2023 diarahkan pada infrastruktur, ekonomi melalui penguatan sektor pertanian, SDM dan peningkatan pelayanan publik,” ungkap Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo, (25/3/2022).

Untuk wujudkan itu semua maka dimulai dengan penjaringan aspirasi masyarakat yang akan disinergikan dengan prioritas pembangunan daerah tahun 2023 yang dimulai dengan Musrenbang kampung sampai Musrenbang nasional.

Oleh karena itu, Edi Budoyo menegaskan bahwa Musrenbang Distrik merupakan agenda perencanaan tahunan yang wajib dilaksanakan. Sebab aspirasi tersebut dapat dilanjutkan secara berjenjang hingga ke Musrenbang Nasional.

“Mengingat pentingnya Musrenbang ini saya minta kita yang hadir terutama perwakilan kampung, Stakholder terkait dan anggota DPRD untuk sama-sama menentukan program kegiatan prioritas yang akan diusulkan ke pemerintah kabupaten, provinsi maupun pemerintah pusat sesuai kewenangan yang ada. Mengingat penginputan aplikasi SIPD memerlukan data yang lengkap, maka diminta agar usulan yang disampaikan mencatumkan lokasi yang jelas, kalau perlu sampai pada RT dan RW,” terangnya.

Khususnya untuk anggota DPRD dari masing-masing daerah pemilihan agar dapat mensinergikan aspirasi masyarakat dengan hasil reses, yang akan berdampak pada pembangunan jangka menengah di tahun 2023 mendatang.

“Anggota DPRD semoga dapat mencermati setiap usulan dalam Musrenbang ini, agar disinkronkan dengan hasil reses sehingga kedua produk aspirasi masyarakat ini dapat berjalan serta mengarah pada pencapaian pada rencana pembangunan jangka menengah tahun 2023,” tutup Budoyo.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *