Yacob Fonataba : Resmi Membuka Kick off dan Diskusi Publik Program Penguatan Ekosistem Pengembangan Inovasi

oleh -834 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Plh Sekda Papua Barat Yacob Fonataba membuka secara resmi Kick off dan diskusi publik program penguatan ekosistem untuk pengembangan inovasi berbasis potensi di Provinsi Papua Barat, Rabu (08/11/2023).

Diharapkan kiranya Kick off dan diskusi publik program penguatan ekosistem untuk pembangunan inovasi berbasis potensi daerah tahun 2023

Tak hanya itu saja, kata Fonataba, kiranya dapat mendorong pencapaian Papua Barat cerdas berkelanjutan dan dapat memberikan sumbangsih ide-ide dan kontribusi besar bagi kemajuan dan kesejahteraan daerah,” tuturnya dihadapan seluruh peserta.

Mengunakan sistem teknologi sangat membantu pembangunan perlu lebih menekankan aspek pemanfaatan cek dan inovasi sebagai faktor pembentuk daya saing atau dengan inovasi, driven, development.

Pertumbuhan pembangunan perlu digerakkan oleh strategi semakin efisien namun inovasi dengan dayagunakan IPTEKIN (Innovasion Driven).

Inovasi menjadi salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah menentukan tingginya daya saing suatu daerah

Pemerintah daerah memiliki tugas untuk membangun dan memperkuat sistem inovasi daerah sebagai landasan kinerja pembangunan berbasis, pembangunan dan inovasi.

Kerangka membangun sinergi antar pihak pemerintah swasta perguruan tinggi dan segenap pemangku kepentingan terkait dalam pendayagunaan iptek dan inovasi dalam pembangunan daerah.

Persoalan penting pembangunan di Papua Barat yang perlu mendapat perhatian khusus dan menjadi Prioritas pembangunan daerah tahun 2023 dan 2024 meliputi penanggulangan kemiskinan penguatan daya saing ekonomi daerah,, peningkatan kualitas hidup dan daya saing SDM dalam rangka mendukung bonus demografi.

Pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup serta penanggulangan bencana perwujudan ketahanan pangan dan energi, pengurangan kesenjangan wilayah dan pemantapan tata kelola pemerintahan dan kondusifitas wilayah

Berbagai persoalan pembangunan tersebut perlu menjadi arena kolaborasi dan koordinasi berbagai pihak secara inovatif guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berdikari berbasis inovation drive development.

Maka perlu menata aktivitas kulit bungan mengarah pada upaya penataan kerangka kelembagaan inovasi pembangunan penataan kerangka jejaring inovasi daerah

Kebijakan penataan unsur Sida Papua Barat berkaitan dengan tujuan menciptakan iklim daerah yang kondusif khususnya bagi aktivitas pemerintahan aktivitas ekonomi masyarakat pedesaan dan wirausaha perwujudan penguatan sistem inovasi daerah dilakukan melalui penataan daya dukung unsur organisasi kerangka regulasi dan internal sasi budaya inovasi

Tujuan utama ialah menciptakan interaksi produktif multi pihak yang saling menguntungkan bagi perkembangan inovasi dan difusinya penyebarluasan praktik inovasi terbaik dan hasil-hasil kelitbangan sesuai dengan tantangan dan potensi unggulan di lingkungan kabupaten kota di Provinsi Papua Barat.

Agenda penguatan Sida Provinsi Papua Barat perlu senantiasa meningkatkan komunikasi intensif antar pemerintah provinsi dengan pemerintah Kabupaten daerah agar terwujud sinergi dan koordinasi penguatan Provinsi Papua Barat.

Dalam rangka penguatan sistem inovasi daerah perwujudan untuk mempercepat wujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik peningkatan pelayanan pemberdayaan peran serta masyarakat dan peningkatan daya saing daerah penyelenggaraan inovasi daerah. Dalam rangka pembaharuan terkait penyelenggaraan daerah dan inovasi daerah dalam rangka peningkatan produk atau proses produksi

Inovasi daerah dalam rangka pembaharuan penyelenggaraan pemerintah daerah dapat berbentuk inovasi tata kelola pemerintahan daerah pelayanan publik atau inovasi daerah lainnya sesuai dengan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah.

Dalam rangka peningkatan produk atau proses produksi diselenggarakan oleh masyarakat dan perguruan tinggi dapat berbentuk penemuan, pengembangan, duplikasi dan sintetis.

Penemuan merupakan kreasi suatu produk jasa atau proses baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya

Dikatakan Fonataba, Gubernur mendorong setiap penyelenggaraan usulan pemerintah daerah untuk melaksanakan inovasi daerah paling sedikit atau inovasi setiap tahun

Inisiatif inovasi daerah dituangkan dalam bentuk kerangka acuan kerja inovasi, sekurang-kurangnya memuat alasan perlunya inovasi daerah urusan penyelenggaraan pemerintahan yang akan dilakukan inovasi metod,” tandasnya.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *