Tambah Ilmu, Kemenkominfo Ajak 10 Jurnalis Papua Barat ke Jakarta dan Bandung 

oleh -364 Dilihat

JAKARTA, PapuaStar.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI mengajak sejumlah jurnalis dari Provinsi Papua Barat, berkunjung ke beberapa instansi dan kantor media massa di Jakarta dan Bandung, untuk menambah ilmu dan pengalaman jurnalistiknya.

Caption Foto : 10 Jurnalis Papua Barat Audiens bersama Menteri Kominfo (Menkominfo) Budi Arie Setiadi di lantai 7 kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI/PapuaStar.com (PS-08).

Menteri Kominfo (Menkominfo) Budi Arie Setiadi didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo Usman Kansong saat menerima para jurnalis itu di Jakarta, Senin (18/09/2023) mengatakan jurnalis pada era digital tidak lagi berhadapan dengan sidang pembaca, pemirsa atau pendengar.

“Jurnalis kini berhadapan dengan warganet atau netizen yang berketerampilan dan berakses atas internet juga media sosial,” kata Menkominfo.

Oleh karena itu, Menkominfo berharap para jurnalis bisa memberikan informasi yang benar dan bermanfaat untuk kemajuan Provinsi Papua Barat.

“Peran jurnalis Papua sangat penting untuk memberikan motivasi, dan semangat. Selain memberikan informasi yang tepat, bagi seluruh masyarakat Papua. Papua maju, Indonesia maju,” ujar Menkominfo.

Senada dengan Menkominfo, Dirjen IKP Usman Kansong mengatakan bahwa pihaknya merupakan Ketua Satgas Komunikasi Publik Percepatan Pembangunan Papua.

Oleh karena itu, jelas dia, sangat penting bagi pihaknya untuk mengundang para jurnalis Papua Barat berkunjung ke Jakarta dan Bandung.

“Nanti juga kita ajak ke kota-kota lain, untuk melihat media-media massa dari dekat. Media pusat maupun media daerah supaya mereka bisa belajar bagaimana membuat berita yang baik, bagus, informatif dan kritis untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat, terutama masyarakat Papua. Kami percaya bahwa pemberitaan media memegang peran kunci dalam membentuk masyarakat Papua menjadi lebih maju dan pintar,” jelas Usman Kansong.

Sementara itu salah satu Wartawan Antara Biro Papua Barat, Fransiskus Salu Weking, yang menjadi peserta kunjungan jurnalistik mengatakan pihaknya mengapresiasi inisiatif yang digelar oleh Kemenkominfo RI dalam rangka penyegaran bagi jurnalis tersebut.

“Program ini sangat bagus untuk kami para jurnalis di daerah, sehingga bisa menambah wawasan dan kapasitas para jurnalis,” kata Fransiskus.

Menurut dia, salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Museum Penerangan yang berlokasi di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Dengan berkunjung ke Museum Penerangan, kita bisa mengetahui dan melihat langsung perkembangan bidang komunikasi dan informatika dari jaman ke jaman di museum ini,” ujar dia.

Ia pun berharap agar program tahunan ini bisa terus dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada jurnalis yang lain.

“Kami 10 jurnalis dari Papua Barat dan Papua Barat Daya baru pertama kali mendapatkan kesempatan ini. Kami sangat mengapresiasi sekali program ini. Kami berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut, agar teman- teman di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya bisa mendapatkan kesempatan yang sama,” kata dia.

Sementara itu, dalam kunjungannya ke kantor Kominfo, 10 jurnalis asal Papua Barat ini juga berkesempatan untuk melihat langsung kantor redaksi InfoPublik.id dan studio GPR TV.

InfoPublik dan GPR TV merupakan media informasi yang dikelola langsung oleh Direktorat Pengelolaan Media, Ditjen IKP Kominfo.

Kegiatan kunjungan jurnalistik berlangsung sejak 17-22 September 2023 di Jakarta dan Bandung.

Dalam kegiatan tersebut, wartawan asal Papua Barat diajak mengunjungi Museum Penerangan, Kementerian Kominfo RI, Kantor Dewan Pers, Kantor Berita Antara, Kompas, Pikiran Rakyat hingga ke Universitas Padjadjaran Bandung.

Jurnalis yang hadir di antaranya dari LKBN Antara, Kompas TV, TVRI Papua, RRI Papua, Tribun Papua Barat, Koran Tabura Pos, Acemo.id, PapuaStar.com KlikPapua.com, dan Orideknews.com.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *